Wonderful Indonesia Siap Memukau di Bursa Pariwisata Terbesar di Dunia

Wonderful Indonesia Siap Memukau di Bursa Pariwisata Terbesar di Dunia
info gambar utama

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) tak pernah mau berhenti memancing wisatawan mancanegara (wisman) di dunia. Tengok saja aktivitasnya di ITB Asia 2017 Singapura pada tanggal 25-27 Oktober 2017.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh tim ITB — Internationale Tourismus-Borse—Berlin, yang setiap tahun menjadi bursa pariwisata terbesar di dunia.

“Kita akan tampil all out di ITB Singapore. Forum Business to Business (B to B) ini akan tetap menjadi prioritas kegiatan selling kami,” ungkap Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Tenggara Rizki Handayani pada KrJogja.com.

Wonderful Indonesia di ajang ITB Asia 2016. Foto: Kemenpar.go.id
info gambar

Dia mengatakan, Indonesia secara rutin mengikuti ITB Asia di Singapura, keikutsertaan kali ini juga untuk mempromosikan sekaligus mempertahankan eksistensi pariwisata Indonesia di dunia khususnya kawasan ASEAN.

“ITB Asia adalah tempat yang potensial untuk mempromosikan pariwisata Indonesia karena merupakan pameran business to business yang memungkinkan para pelaku industri di Indonesia memperluas jejaring pasar mereka,” katanya.

Bursa Pariwisata yang diselenggarakan oleh Messe Berlin (Singapore) ini merupakan penyelenggaraan yang ke-10 kalinya. Dan Wonderful Indonesia akan tampil di paviliun seluas 405 m2 (45 booth) dengan menonjolkan keindahan dan kemegahan perahu phinisi sebagai salah satu kekayaan khas budaya nusantara.

Kapal Pinisi Wonderful Indonesia di ajang ITB Asia 2016. Foto: PWRI News Online
info gambar

Peserta yang bergabung dengan booth Indonesia terdiri dari 90 industri pariwisata Indonesia (TA/TO, Hoteliers, DMO), yang terdiri dari Aceh (1), Sumatera Utara (1), Kepri (5), Sumatera Selatan (1), Banten (1), Jakarta (5), Jawa Barat (2), Jawa Tengah (4), DI Yogyakarta (3), Jawa Timur (1), Bali (39), Nusa Tenggara Barat (5), Nusa Tenggara Timur (5), Kalimantan Tengah (1), Sulawesi Tenggara (1), Sulawesi Selatan (1), Papua (1), Papua Barat (1), Seluruh Indonesia (12).

“Kami membawa delegasi yang akan aktif berpartisipasi terdiri dari 90 industri dari destinasi-destinasi unggulan di Indonesia. Mereka akan membawa paket-paket wisata yang tentunya sudah siap untuk ditawarkan kepada para buyers,” kata dia.

Di Booth itu juga akan disediakan Pelayanan Informasi Pariwisata, Coffee Corner, Spa Corner oleh Sariayu Martha Tilaar, Virtual Reality (VR) 360 Corner, dan Demo Corner Siluet oleh Prijadi K. Ada VIP Corner dengan tempat duduk dari sofa yang nyaman, untuk tamu-tamu VIP yang hadir di Paviliun Wonderful Indonesia.

Wonderful Indonesia di ITB Berlin. Foto: LampungPro.id
info gambar

Tahun lau, TribunNews melaporkan transaksi Indonesia di ITB Asia tembus USD 20 juta atau sekitar Rp 360 milliar. Angka itu naik drastis 764 persen dari capaian tahun 2015.

Indonesia gencar mengikti kegiatan pemasaran di kawasan Asia Tenggara untuk mencapai target 15 juta wisman akhir tahun ini, naik 3 juta dari capaian tahun 2016 di angka 12 juta.

"Berkolaborasi dengan dinas pariwisata, kami telah menyiapkan 180 event yang terbagi untuk kawasan Asia Tenggara (Asteng), Asia Pasifik (Aspas) dan Eropa, Timur Tengah, Amerika, dan Afrika (ETTAA)," kata I Gde Pitana, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara (Deputi BP3M) Kemenpar pada Pikiran Rakyat.



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini