Balitbang Pertanian Luncurkan Dua Varietas Mangga Baru, Bisa Dikupas Seperti Pisang!

Balitbang Pertanian Luncurkan Dua Varietas Mangga Baru, Bisa Dikupas Seperti Pisang!
info gambar utama
Varietas komoditas buah baru kembali diluncurkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian. Kali varietas baru tersebut dari jenis buah mangga. Yakni Agri Gardina-45 dan Avocado Mango -21. Kedua mangga varietas baru ini memiliki karakter yang cukup unik, yakni Agri Gardina mampu dikupas seperti pisang sementara Avocado Mango mampu dibuka seperti buah alpukat.

Sebagaimana diberitakan ANTARA, dua varietas mangga tersebut dilakukan di Kebun Percobaan (KP) Cukur Gondang, Pasuruan, Jawa Timur pada 3-5 November yang lalu. Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura Balitbangtan Dr. Hardiyanto menjelaskan bahwa varietas Agri Gardina merupakan varietas hasil persilangan antara Arumanis-143 dengan mangga Saigon. Hasilnya adalah mangga yang berukuran kecil, berwarna kuning kemerahan, harum, manis dan cara makannya dapat dikupas seperti pisang.

Sementara varietas Avocado Mango ternyata cara memakannya bisa seperti alpukat. Yakni diiris bagian tengah kemudian diputar dan biji akan tertinggal ditengah. Buah ini memiliki ukuran besar, warnanya hijau segar serta berasa manis dan pulen.

"Kedua mangga ini akan menjadi primadona baru mangga Indonesia, menyusul harum manis dan gedong gincu yang sudah terkenal di manca negara," ujar Hardiyanto.

Hardiyanto juga menjelaskan bahwa kedua mangga varietas baru ini akan menambah pilihan buah di Indonesia yang selama ini telah ada.

Munculnya varietas baru ini memberikan bukti bahwa para peneliti di Indonesia pun bisa melakukan kreasi pembentukan jenis baru. Rekayasa genetika seperti ini selain memberikan peluang untuk menyimpan karakter unggulan buah, juga dapat memberikan kemampuan yang baru untuk situasi pertanian di masa mendatang. Buah mangga yang unik dan juga lezat. Bagaimana menurutmu?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini