Wow ! Bandara Ini Jadi Bandara Terbaik Ketiga di Dunia

Wow ! Bandara Ini Jadi Bandara Terbaik Ketiga di Dunia

Bandara Ngurah Rai, Bali © waytogo.cebupacificair.com

Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Bali kembali masuk dalam jajaran bandara terbaik di dunia untuk kategori bandara dengan penumpang 15 sampai 25 juta per tahun setelah mengantongi nilai pelayanan 4,93 dalam skala 5 dari Dewan Bandara Internasional (Airport Council International/ACI). Seperti yang dilansir dari antara news, bandara ini dinilai berdasarkan 33 indikator penilaian. General Manager PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Yanus Suprayogi mengatakan, I Gusti Ngurah Rai menjadi bandara terbaik ketiga di dunia.

Salah satu bandara tersibuk di Tanah Air itu selama satu tahun kualitas pelayanannya dinilai bagus, mulai dari fasilitas bandara, aksesibilitas di dalam dan luar bandara, keamanan bandara, layanan proses kedatangan dan pelaporan, hingga fasilitas berbelanja. Yanus menjelaskan penilaian pelayanan bandara dilakukan berdasarkan survei penumpang sehingga mencerminkan perspektif dan harapan penumpang.

Ia mengatakan layanan bandara saat ini telah berkembang. Bandara tak hanya tempat pemberangkatan dan kedatangan pesawat dan penumpang, namun juga menyediakan fasilitas-fasilitas pendukung untuk memenuhi kebutuhan dan kenyamanan penumpang. Belum lama ini, awal november 2017, bandara ini juga memiliki toilet yang dirancang khusus untuk keluarga sebagai salah satu inovasi dalam pelayanan kepada para pengguna jasa bandara.

Dokumentasi sejumlah penumpang pesawat berada di kawasan Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Selasa (19/9/2017). (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)
Dokumentasi sejumlah penumpang pesawat berada di kawasan Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Selasa (19/9/2017). (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Pada ruang toliet itu penumpang dapat menemukan dua kloset dalam satu bilik yang masing-masing diperuntukkan bagi penumpang dewasa dan balita. Khusus untuk toilet duduk balita, pengelola bandara melengkapi dengan sabut pengamanan. Dengan desain toilet seperti itu maka orangtua dan anak dapat berada dalam satu bilik dan proses pendampingan atau pengawasan terhadap balita dapat lebih terjaga.
Adanya tambahan baru itu mendapat perhatian dari Asosiasi Toilet Indonesia (ATI) yang menilai fasilitas bandara. Ketua Asosiasi Toilet Indonesia, Naning Adiwoso, mengungkapkan kekagumannya atas desain toilet itu sebagai terobosan baru.

Selain fasilitas pokok penerbangan, bandara-bandara di negara maju kini dilengkapi dengan fasilitas penunjang lain seperti area perbelanjaan, hotel atau penginapan, kawasan logistik dan bisnis serta fasilitas hiburan. Yanus menjelaskan bahwa sejak awal tahun hingga akhir Oktober 2017 ada 18,1 juta orang yang menggunakan Bandara I Gusti Ngurah Rai. Pengelola bandara berusaha memenuhi kebutuhan penumpang yang makin meningkat dan beragam. "Secara bertahap kami ingin menghadirkan konsep airport city sehingga semua kebutuhan penumpang dapat dipenuhi di dalam bandara," katanya.

Bandara Ngurah Rai terus berkembang, dan berencana akan melakukan reklamasi untuk pembangunan apron. Dari antara news juga diberitakan bahwa mulai akhir November 2017 ini ditargetkan pembangunan fisiknya mulai berjalan. Nantinya luas lahan perairan yang akan direklamasi mencapai sekitar 84 hektare yang digunakan untuk areal parkir pesawat berbadan besar. Kita doakan saja agar proses reklamasi berjalan lancar dan membawa kabar baik lainnya di masa mendatang.


Sumber: antara news

Pilih BanggaBangga72%
Pilih SedihSedih6%
Pilih SenangSenang4%
Pilih Tak PeduliTak Peduli2%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi2%
Pilih TerpukauTerpukau13%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Kenalkan, 2 Komikus Marvel Asal Indonesia Sebelummnya

Kenalkan, 2 Komikus Marvel Asal Indonesia

Semen Indonesia Raih Penghargaan Perusahaan Terbaik Tingkat Asia Tenggara Selanjutnya

Semen Indonesia Raih Penghargaan Perusahaan Terbaik Tingkat Asia Tenggara

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.