Beladiri Tapak Suci Sukses Memukau Hadirin di Festival Budaya Se-Asia di Mesir

Beladiri Tapak Suci Sukses Memukau Hadirin di Festival Budaya Se-Asia di Mesir
info gambar utama

Mahasiswa Indonesia di Luar Negeri memang dikenal aktif dalam memperkenalkan budaya dan kesenian Bangsa Indonesia. Hal ini dibuktikan oleh Perhimpunan Pelajar dan Mahasiswa (PPMI) Mesir yang menyelenggarakan Asian Culture Festival.

Acara yang terlaksana berkat bekerjasama dengan Mahasiswa dari Sembilan negara ini diadakan di Sholah Kamil Kota Kairo pada Hari Sabtu, 18 November 2017 lalu. Negara yang Ikut berpartisipasi dalam Acara ini diantara nya ialah Indonesia, Malaysia, Singapura, Filiphina, Pakistan, Afghanistan, dan Kyrgyztan.

Stand mahasiswa Indonesia yang meriah
info gambar

Kedutaan besar beberapa Negara juga turut hadir dalam festival ini, serta sejumlah petinggi Unversitas Al-Azhar serta wartawan koran lokal, Suara Azhar.

Festival yang bertajuk Diversity In Spirit Unity ini berlansung meriah dengan menampilkan berbagai kesenian Khas negara negara Asia. Berbagai penampilan di Perhelatan Akbar ini membuat para pengunjung terhibur dengan penampilan dan antraksi yang dipamerkan.

Salah satu delegasi yang berasal dari Afghanistan
info gambar

"Acara ini merupakan kegiatan positif, sesuai dengan tema yang diangkat yang berarti keragaman menjadi kekuatan bagi kita untuk bersatu. Kita Indonesia juga negara yang beragam, namun kita memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika, yang memiliki arti berbeda namun tetap satu. Kita berbeda didalam lingkup persatuan" ujar Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kairo Dr. Usman Syihab dalam acara pembukaan.

Para Delegasi yang berasal dari sembilan negara berpose bersama.
info gambar

Delegasi Indonesia juga menampilkan berbagai kesenian daerah, diantara nya ialah antraksi Beladiri Tapak Suci yang sukses membuat pengunjung berdecak kagum sekaligus bergidik ngeri melihat nya.

Bagaimana tidak, para Mahasiswa Indonesia yang tergabung dalam Tapak Suci Muhammadiyah Mesir ini menampilkan berbagai antraksi, mulai dari gerakan-gerakan biasa, hingga ekstrem seperti mematahkan tongkat menggunakan tangan kosong dan memainkan pisau tajam oleh salah seorang profesional.

Penampilan yang dipamerkan oleh negara lain nya juga tak jarang mengundang tepuk tangan dan gelak tawa hadirin.

"Insya Allah acara ini akan kita adakan untuk tahun-tahun selanjutya, dan tentu tidak hanya untuk mahasiswa Asia saja, melainkan untuk Dunia" ujar Pengeran Arsyad Ihsan Nulhaq selaku Presiden PPMI Mesir.

Indonesia memang memilki budaya yang sangat banyak dan beragam yang sering membuat bangsa lain menjadi kagum, oleh karena itulah kita sebagai Rakyat Indonesia sudah selayaknya bangga dan optimis akan kemajuan negara kita ini, karena bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar.

Sumber: Tareq Albana (Kontributor GNFI Asia Afrika)

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini