Inilah 7 Daerah di Indonesia Yang Paling Bersih dari Korupsi

Inilah 7 Daerah di Indonesia Yang Paling Bersih dari Korupsi
info gambar utama

Transparency International Indonesia (TII) kembali merilis Indeks Persepsi Korupsi (IPK) di beberapa daerah di Indonesia. Indeks ini digunakan sebagai referensi untuk mengukur tingkat keparahan atau kebersihan suatu daerah dari korupsi. Angka tertinggi indeks persepsi yakni "100" yang dipersepsikan sebagai daerah terbersih dari korupsi. Sedangkan angka terendah yakni "0" yang dipersepsikan sebagai paling korup.

Berdasar survei terakhir pada 2017, hasilnya menunjukkan skor rata-rata IPK 60,8. Angka ini meningkat dibandingkan IPK di tahun 2015 yakni 54,7. Transparency International Indonesia (TII) menerapkan lima indikator yang dijadikan penilaian, yakni prevalensi korupsi, akuntabilitas publik, motivasi korupsi, dampak korupsi dan efektivitas pemberantasan korupsi.

Berikut 7 Daerah Terbersih di Indonesia berdasarkan nilai Indeks Persepsi Korupsi (IPK) tertinggi :

Grafis : Dwiki/GNFI
info gambar


Sedangkan Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia pada tahun 2016 berada di peringkat 4 di kawasan ASEAN. Negara dengan IPK tertinggi di kawasan Asia Tenggara adalah Singapura dengan skor 84, dan berada di posisi 7 tingkat dunia. Kemudian diikuti Brunei Darussalam diperingkat dua dengan skor IPK 58 lalu Malaysia diperingkat 3 dengan nilai 49.

Grafis : Dwiki/GNFI
info gambar

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini