Indonesia yang sedang dalam masa bonus demografi didorong untuk terus bisa mengembangkan kualitas generasi muda lewat inovasi-inovasi kreatif. Salah satunya adalah dengan kompetisi NextDev 2017 yang diselerenggarakan oleh Telkom Indonesia melalui anak perusahaannya, Telkomsel. Melalui kompetisi ini inovator-inovator digital muda dituntut untuk mampu berkompetisi mengembangkan idenya hingga akhirnya terpilih empat aplikasi terbaik. 

Sebagaimana diberitakan Indotelko (21/11), empat aplikasi terbaik tersebut adalah Cekmata, Squline, Karapan dan Marlin Booking. Keempat aplikasi tersebut merupakan finalis terbaik dari babak 20 besar. Empat aplikasi ini juga dianggap mampu untuk memberikan solusi bagi masalah-masalah yang ada di masyarakat.

Cekmata sendiri merupakan aplikasi yang memberikan solusi untuk pendeteksian dini katarak. Sementara Squline merupakan wadah belajar secara daring yang memudahan pelajar untuk belajar bahasa secara mandiri melalui pengajar-pengajar yang disediakan. Sedangkan Karapan adalah pasar peternakan modern yang dibuat menggunakan sistem daring dan aplikasi mobile. dan yang terakhir Marling Booking adalah sistem pemesanan tiket kapal laut berbasis aplikasi.

Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah mengucapkan selamat kepada empat pemenang NextDev edisi tahun ini tersebut. Ia berharap aplikasi-aplikasi tersebut bisa memberikan dampak. "Semoga aplikasi-aplikasi ini memberikan efek positif terhadap peningkatan kualitas hidup masyrakat, khususnya di bidang kesehatan, pendidikan, agrikultur dan transportasi," ujar Ririek. 

Ia pun menambahkan bahwa setiap tahunnya kompetisi The NextDev terus melahirkan aplikasi-aplikasi digital yang inovatif. Ini menunjukkan bagaiman anak-anak muda di Indonesia memiliki kreatifitas yang tinggi untuk memecahkan masalah lewat teknologi. 

Cekmata, Squline, Karapan dan Marlin Booking berhasil menjadi pemenang The NextDev 2017 sendiri merupakan aplikasi terbaik yang telah melalui penjurian. Dewan juri yang melakukan penilaian merupakan para pakar dibidang teknologi seperti yaitu Irfan Tachrir (Direktur HCM Telkomsel), Samuel Pangerapan (Dirjen Aplikasi Informatika), Ariff Kamal (Associate SEO Director GroupM), Dayu Dara (Vice President GO-JEK), Dennis Adhiswara (CEO Layaria), dan Alamanda Shantika (Co-Founder Binar).

Empat aplikasi ini kemudian berhak atas hadiah utama berupa 7M (Market Access, Marketing, Mentoring, Management Trip, Money, Monetizing dan Match Expert) lewat The NextDev Academy. Program ini akan semakin mengasah dan mempertajam kualitas aplikasi yang diciptakan untuk kemudian tumbuh sebagai sebuah startup yang unggul.

“Kami melihat teknologi bisa menjadi percepatan dalam penyelesaian suatu masalah. Melalui The NextDev, kami harap program ini bisa memberikan inspirasi bagi lebih banyak lagi anak muda Indonesia untuk berkarya melalui teknologi, mewujudkan ide dan impian mereka melalui kreasi aplikasi digital yang dapat memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat luas," tutup Ririek.

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu