Seni, Filosofi Karya, Budaya hingga Asia Tenggara di Sudut Kota Jakarta

Seni, Filosofi Karya, Budaya hingga Asia Tenggara di Sudut Kota Jakarta

Ilstration of Art Β© Photo by ian dooley on Unsplash

Sebagai Ibukota Indonesia, tentunya Jakarta mempunyai tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi. Identik dengan tingkat kemacetan yang tinggi, Jakarta menjadi kota yang bisa bikin stres. Untuk itu tempat-tempat untuk menghilangkan stres menjadi sangat penting kebereradaannya.

Salah satu tempat yang layak untuk dipilih adalah spot-spot yang bernuansa seni tinggi, seperti artspace. Di sana kita bisa bersantai, nongkrong sambil belajar seni. Artspace tidak hanya berbicara tentang seni, tetapi juga budaya dan sejarah.

Ada cukup banyak artspace di Jakarta yang menarik untuk dikunjungi. Selain untuk refreshing dan menambah wawasan, juga bisa untuk foto-foto karena tempatnya yang instagramable.

1. Edwin’s Gallery.

Galeri Edwin merupakan salah satu galeri yang paling aktif di Indonesia. Didirikan pada tahun 1984, galeri ini selalu mempertahankan eksistensi dan kegiatannya dalam dunia seni. Galeri yang terletak di daerah Kemang, Jakarta Selatan ini banyak menampilkan karya seni beraliran kontemporer. Berawal dari ruang galeri dan studio fotografi di garasi, kini Edwin’s Gallery menempati area cukup luas yang biasa digunakan untuk pameran. Edwin’s Gallery ini juga menyediakan shop art sehingga penggunjung bisa membeli berbagai karya seni maupun cinderamata milik seniman lokal.

2. Bartele Gallery.

Untuk anda yang tertarik dengan sejarah Asia Tenggara dan Indonesia, Bartele Gallery cocok untuk dikunjungi. Galeri yang terletak di Jalan Kemang Raya 29A Kemang, Jakarta Selatan ini memiliki koleksi yang menarik, mulai dari dari peta antik, cetakan lama, foto-foto kolonial, buku bersejarah dan antik. Beberapa di antaranya berusia lebih dari 500 tahun.

Bartele Gallery ini didirikan pada tahun 2009 dan merupakan satu-satunya toko khusus di Indonesia di mana anda dapat membeli cetakan peta antik. Juga bisa menjelajah harta tak berujung dan keindahan yang luar biasa dari tampilan peta antik. Pemiliknya, Bartele Santema mengumpulkan semua itu bersama-sama dengan kurator galeri dan ahli peta (kartografer), David E Parry.

3. Art Gallery Hadiprana.

Don't stumble over something behind you. photo by @akuntoro

A post shared by Intan Soekotjo (@intansoekotjo) on

Sesuai dengan namanya, artspace ini merupakan milik seniman Hendra Hadiprana yang sudah ada sejak 1961. Galeri Hadiprana pada tahun 1997 pindah ke daerah Kemang, Jakarta Selatan yang kemudian dinamakan Art Boutique Mall. Setelah melalui proses yang cukup panjang, galeri seni tertua ini mempunyai tempat yang luas dan fleksibel dengan dinding yang dapat dipindah-pindahkan, serasi dengan institusi seni modern. Sejak saat itu, artspace ini menjadi galeri bagi karya seni, kerajinan, artefak, lukisan berkualitas tinggi. Selain memamerkan berbagai karya seni Hadiprana Art Centre juga membuka kelas seni untuk anak-anak.

4. Ruci Artspace.

Diskusi di depan karya @natisajones bersama mentor saya.. #JaySubiyakto

A post shared by Dian Sastrowardoyo (@therealdisastr) on

Ruci adalah sebuah galeri seni yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran akan seni ditengah budaya Indonesia yang terus berkembang. Terletak di Jalan Suryo No. 49, Kebayoran Baru, dengan membawa konsep seni kontemporer yang sesuai dengan generasi masa kini, Ruci artspace mempertunjukkan seni dalam berbagai medium, seperti lukisan, fotografi, video, patung, hingga new media.

Galeri ini juga bisa dijadikan sarana untuk mempelajari proses pembuatan pada setiap pameran yang diadakan di sana. Ini bisa menjadi bahan pembelajaran, sekaligus sebagai arsip untuk karya para seniman.

Ruci Artspace berdiri berupa bangunan 2 lantai dengan lantai pertama ditempati untuk area kafe dan lantai kedua untuk area artspace. Jika sudah puas menjelajah area pameran, anda bisa menuju ke lantai pertama dan menikmati berbagai menu yang tersedia di kafe.

5. Gudang Sarinah.

Kemarin, Syarikat Dagang edisi Bandung berakhir sukses. Terima kasih untuk segenap tim @omuniuum bersama @rurushop yang telah berkerja keras menggelar acara keren ini. ° Tentunya terima kasih juga teruntuk @bottlesmoker dengan @starsandrabbit yang menyuguhkan penampilan memukau. Semoga kolaborasi ini bisa dilanjutkan lagi kedepannya. Selamat memulai aktifitas semuanya! πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ πŸ“· @hartamurti ------------------------------------------------------------ “Syarikat Dagang” adalah laboratorium percobaan kerja kolaboratif oleh RURU Shop dan Omuniuum yang didirikan untuk mengembangkan model dan karakter kerja ekonomi masing-masing sebagai jalur distribusi alternatif bagi musisi dan seniman. Proses ini melahirkan berbagai macam kemungkinan presentasi proyek: pameran seni rupa tentang metode ekonomi, diskusi tentang pola kerja serta cara bertahan di tengah perubahan zaman, serta peluncuran artifak proyek dalam bentuk kompilasi musik bersama seniman dan musisi dalam negeri. ------------------------------------------------------------ #syarikatdagangproject #artproject #syarikatdagang #musicperformance #rurushopxomuniuum #starsandrabbit #bottlesmoker

A post shared by GUDANG SARINAH ekosistem🌍 (@gudangsarinah) on

Sejak digelarnya salah satu perhelatan seni terbesar di Tanah Air, Jakarta Biennale, di penghujung tahun 2015 lalu, lahirlah sebuah ruang kreatif baru bernama Gudang Sarinah Ekosistem. Gudang Sarinah Ekosistem (GSE) merupakan sebuah ruang yang diperuntukkan sebagai sarana alternatif bagi para seniman Tanah Air.

Ruang seni yang berada di Jalan Pancoran Timur, Pancoran, Jakarta Selatan ini menjadi salah satu pusat kegiatan kreatif anak muda di Jakarta. Di GSE, terdapat 3 hall yang biasa digunakan, yaitu Hall A, Hall B dan Hall C. Ketiga hall ini digunakan untuk berbagai acara. Misalnya expo, pameran hingga konser seni musik.

6. Philo artspace.

Galeri seni ini selalu memajang karya dari beberapa seniman muda maupun ternama. Sebagian dari mereka sudah dikenal kemahsyurannya seperti Iman A Rahman, Nyoman Sujana Kenyem, dan Jange Rae. Dengan konsepnya yang terbuka untuk siapa saja, Philo artspace mempersilakan siapapun yang ingin datang dan berkunjung untuk menguak kebenaran di balik karya seorang seniman. Fokus utama dari artspace ini adalah untuk mengekspresikan ikon dunia urban. Jadi, bagi kamu yang suka dan tertarik dengan seni urban, wajib untuk mengunjungi tempat ini.

Lebih dari 10 tahun Philo artspace berdiri, dalam kurun waktu yang tidak sebentar itu, beragam tema pameran pernah diusung. Mulai dari humanity, relationship hingga ruang waktu. Tidak hanya berupa pamer karya, setiap seniman yang mengadakan pameran selalu berhasil menyampaikan nilai dan pesan menarik.

7. ART:1.

Di ruang seni ini pengunjung tidak hanya bisa menemukan pameran museum dari para seniman senior dan seniman muda, tapi juga ada fasilitas lainnya, seperti konsultasi, restorasi, dan program edukasi seni. ART:1 yang dulu dikenal dengan nama Mon Decor Gallery adalah gabungan dari Art:1 New Museum dan Artspace:1.

Art:1 yang dibangun tiga lantai seluas 4.000 meter persegi ini berada di daerah Kemayoran, Jakarta Pusat. Dari segi ruangan, Art:1 New Meseum berbentuk segi empat sehingga lebih konvensional, sementara Artspace:1 berbentuk oval.

Di Artspace:1, pengunjung bisa menemukan jajaran seni lukisan, video art, fotografi, hingga instalasi, yang tersebar di setiap sudut ruangan. Selain itu pada bagian New Museum, terdapat pajangan karya para seniman ternama Indonesia hingga Eropa. Pada lantai dasar, ada kafetaria di mana kamu bisa duduk-duduk dan mencicipi makanan yang lezat. Ruang seni satu ini sangat lengkap dan tentunya akan membuat pengunjung lebih mencintai seni.

8. Dia.Lo.Gue.

#dialogueweekendexhibition

A post shared by Katarina Febryani | Aie (@katarinaie) on

Di ruang seni terbuka ini pengunjung akan menemukan galeri seni, studio desain, toko pernak-pernik, dan kafe, menjadi satu. Artspace yang berada di Jalan Kemang Selatan 99a, Jakarta Selatan ini merangkap sebuah restoran yang bergaya rumahan.

Artspace ini cocok bagi anda yang ingin melihat aneka ragam lukisan yang dipajang atau sekadar menikmati berbagai kuliner yang tersedia di area restoran. Selain menikmati berbagai karya seni kontemporer dari seniman lokal, pengunjung juga bisa membeli berbagai merchandise.

Tidak hanya lukisan, Dia.Lo.Gue juga mempertunjukkan koleksi seni dalam bentuk lain, seperti video, patung, kertas, dan pameran dari komunitas-komunitas lokal.

9. BIASA ArtSpace.

A post shared by πŸͺ (@firyalfarahmtd) on

Galeri yang didirikan pada tahun 2005 oleh Susanna Perini ini bertujuan untuk menjembatani pertemuan dirinya dengan para seniman muda di Jawa dan Bali, sekaligus membangun fondasi untuk inspirasi artistik. Artspace ini terletak di lantai 2 gedung BIASA di Jalan Kemang Raya 20.

Dalam perkembangannya, BIASA Artspace berkembang menjadi wadah bagi seniman untuk melakukan dialog dan interaksi dengan publik. Pameran yang dilakukan di sini merupakan hasil kolaborasi seniman dalam dan luar negeri, serta institusi pemerintahan secara berkala. Pengunjung yang datang biasanya akan langsung merasakan hal-hal unik dan pengalaman yang berbeda. Di Biasa Artspace juga bisa mengunjungi butik yang berada dalam satu kawasan.

10. 2Madison.

Bring the right street art into your livingroom and get that free-spirited vibe you want! 😎 All furniture, homedecor, and ART can be found at 2madison Kemang. Grab them now! If you don't have the time to come to Kemang, just shop from our online store: www.2madison.com! πŸ‘ Abstract/graffiti art by: @ipangaryanto @_tragicoo_ @sompret_ All furniture by #2madisondesignhouse Curated by @hello2maggie. πŸ‘‡ All inquiry for #2madisondesignhouse: WA only: 0812 94088668 Email: cs@2madison.com Showroom: Promenade Building, jl Bangka Raya no.20 Kemang. website: www.2madison.com . . . #designandart #artanddesign #homedesign #colorplay #designlife #creativeminds #creativehappylife #indonesiapride #indonesiakreatif #2madison #graffitiartist #graffitiindonesia #streetartindonesia #2madisoncolorjumble #tropical #tropicalhouse #creativeeconomy #ekonomikreatif #belanjaonline #harbolnas

A post shared by 2madison Gallery & Art space (@hello2madison) on

Di sini pengunjung lebih diajak untuk bersantai sambil menikmati karya seni buatan seniman Indonesia. 2Madison sendiri memiliki visi mengundang seniman muda Indonesia untuk berkolaborasi, memperkenalkan, dan memasarkan karya-karya mereka.

Keunikan dari ruang seni yang berada di Jalan Bangka Raya No. 20 ini adalah tempat tersebut tak hanya menjadi tempat memamerkan karya seni, tapi juga terdapat kafe serta toko yang menjual berbagai aksesori unik dan menarik.


Sumber: decodeko.id | web.goersapp.com

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Little Netherland, Sesekali Cobalah Untuk Menginap di Kota Lama Semarang Sebelummnya

Little Netherland, Sesekali Cobalah Untuk Menginap di Kota Lama Semarang

Tanaman Paku Selanjutnya

Tanaman Paku

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.