Heboh, Kastil Gondomanan Ini Menyerupai Kastil Disneyland

Heboh, Kastil Gondomanan Ini Menyerupai Kastil Disneyland
info gambar utama

Baru baru ini netizen sempat dihebohkan dengan Kastil Gondomanan yang ada di Yogyakarta. Bagaimana tidak Kastil Gondomanan sendiri sangat mirip sekali dengan Kastil Disneyland. Lokasi Kastil tersebut tidak jauh dari Alun Alun utara Yogyakarta.

Kastil Gondomanan yang juga sering di sebut Gereja Gothic Sayidan ini karena bangunan yang khas seperti abad pertengahan. Perpaduan antara bangunan-bangunan bergaya Eropa yang memiliki dinding yang tebal, balkon yang cukup luas, adanya menara, lonceng, dan juga simbol-simbol salib di ujung menara, serta patung Yesus dengan tangan yang menunjuk ke arah Kraton. Jika dilihat sekilas dari bangunan tersebut kebanyakan orang akan menyimpulkan bahwa bangunan tersebut adalah Gereja.

Berdasarkan informasi yang di dapat dari Kumparan.com, ternyata Kastil Gondomanan ini sudah berdiri sejak lama tepatnya pada tahun 1987. Kastil Gondomanan sendiri didirikan oleh Orang Tiong Hoa , namun baru belakangan ini terlihat dengan jelas karena ada bangunan yang lain di robohkan.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
info gambar

“Sebenarnya bangunan itu sudah ada sejak dulu, tetapi sekarang jadi terlihat sangat bagus karena Toko Ban “Bah Petruk” dibongkar,” jelas warga setempat, Kristi Hartati. Selama ini, kata dia, dirinya hanya mampu melihat penampakan menaranya saja. Untuk melihat bangunan kastil secara keseluruhan, dirinya harus melihatnya dari atas Jembatan Sayidan.

Sedangkan menurut seorang Mahasiswa Yogyakarta, Nugroho Adi Mukti, bangunan Gondomanan ini adalah rumah seorang pembatik yang sudah lama di kosongkan, tuturnya.

Setelah pemiliknya meinggal dunia, gedung tersebut menjadi tidak terawat dan batiknya pun di pindahkan ke Museum Batik Ullen Sentalu, Kaliurang” ujar nugroho.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
info gambar

Namun Nugroho juga mengatakan bahwa bangunan ‘Disneyland’ itu sedang direnovasi. Kabar yang ia dengar, koleksi batik yang ada di museum itu akan dipindahkan kembali ke bangunan tersebut.

Masyarakat Yogyakarta pun sangat antusias ingin mengunjungi bangunan tersebut. Pasalnya bangunan tersebut terlihat unik dan bagus di jadikan objek untuk berfoto.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
info gambar

Sumber: Kumparan.com | adikawan.blogspot.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini