Terminal 3 Selesai, Indonesia akan Bangun Terminal 4 Soekarn0-Hatta Airport

Terminal 3 Selesai, Indonesia akan Bangun Terminal 4 Soekarn0-Hatta Airport
info gambar utama
Berkah dari makin bangkitnya sektor penerbangan komersial di Indonesia, pertumbuhan penumpang, dan lalu lintas udara makin terasa. Tentu saja paling terlihat di Bandara Soekarno Hatta, di Tangerang. Bandara yang terdiri dari 3 terminal tersebut didesain 'hanya' untuk melayani 22 juta penumpang per tahun. Namun seperti yang kita tahu, jumlah penumpang jauh lebih besar dari itu. Penambahan terminal 3 yang diresmikan pertengahan tahun lalu pun belum cukup untuk melayani lonjakan penumpang.
Sepertinya penambahan terminal baru mutlak diperlukan. Dan gayung pun bersambut. PT Angkasa Pura II (Persero) sebagai pengelola Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, kembali akan membangun terminal baru di sekitar komplek Bandara Soetta. Pembangunan itu akan menjadi terminal keempat yang dimiliki Bandara Soetta.
Senior Vice President of Corporate Secretary AP II Agus Haryadi mengatakan, Terminal 4 akan dibangun di atas lahan milik AP II seluas 400.000 meter persegi atau 40 hektare yang selama ini menjadi Lapangan Golf Soewarna. Soewarna sendiri sudah menyewa lahan AP II sejak 1994.
Terminal 3 Soetta | foto : Akhyari Hananto
info gambar
PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II memastikan tidak akan memperpanjang kontrak sewa lahan komplek perkantoran dan pergudangan Soewarna Business Park di wilayah Bandara Soekarno-Hatta. Pasalnya AP II akan mengoptimalkan lahan yang dimilikinya untuk mengembangkan kapasitas bandara tersebut.
Soetta yang selalu penuh sesak | Sindonews.net
info gambar

Menurut Direktur Utama AP II Tri S Sunoko, Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan dikembangkan kapasitasnya sehingga bisa melayani 40 juta sampai 45 juta penumpang per tahun. "Kami mengikuti desain awal dari Bandara ini, bahwa kawasan Soewarna itu akan dijadikan Terminal 4 nantinya. Pengembangan kapasitas yang tidak bisa diakomodir terminal 1-3 akan dilakukan disana. Jadi setelah kontrak Soewarna habis, akan diambil alih lagi oleh AP II. Tapi saya tidak hapal pastinya kapan kontrak itu selesai," ujar Direktur Utama AP II Tri S Sunoko.

AP II sedang membuat grand design rencana pengembangan Soekarno-Hatta ke depan. Cetak biru awal itu ditargetkan selesai akhir tahun ini, untuk kemudian dikonsultasikan dengan Kemhub dan Kementerian BUMN.
Berikut konsep rencana Terminal 4 Bandara Soetta (dikutip dari Kumparan.com):
  • Kapasitas Penumpang: 38 juta per tahun,
  • Area Terminal: 389.528 meter persegi,
  • Area Check in: 22.597 meter persegi,
  • Check in Counter: 464 counter,
  • Area Komersial: 60.228 meter persegi,
  • Area Boarding Lounge 19.301 meter persegi
  • Gate: 30 unit,
  • Area Parkir: 40.410 meter persegi.
Sumber : kumparan.com | kompas.com | https://industri.bisnis.com/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini