Produk teknologi tinggi milik Indonesia ternyata terbukti mampu bersaing dengan produk-produk lain dari luar negeri. Seperti produk pesawat berbaling-baling ganda buatan PT. Dirgantara Indonesia (PTDI) yang ternyata memuaskan negara Senegal. Negara yang terletak di Afrika Barat tersebut pun akhirnya kembali berkeinginan membeli pesawat CN-235 dari Indonesia.

Sebagaimana diberitakan ANTARA (9/1) keinginan tersebut diutarakna oleh Presiden Senegal, Macky Sall saat bertemu dengan Dubes RI Dakar, Masyur Pangeran di sela pertemuan awal tahunan di Istana Kepresidenan Senegal. Dubes Mansyur pun menyatakan bahwa jika niatan tersebut terealisasi, pesawat tersebut akan menjadi pesawat keempat yang dibeli oleh Pemerintah Senegal dari Indonesia. Setelah pada tahun 2017 yang lalu, Pemerintah Senegal telah menandatangai kontrak pembelian pesawat CN-235 ketiga. 

Selain pesawat, Dubes Mansyur juga berkesempatan menawarkan kepada Presiden Macky Sall untuk menindak lanjuti rencana pembelian gerbong kereta api PT. INKA dan kapal buatan PT. PAL yang telah dijajaki sejak tahun lalu. Dubes Mansyur pun menjelaskan bahwa tawaran produk industri strategis Indonesia berupa kapal tanker dan kapal kargo. Produk-produk karya Indonesia itu berpotensi digunakan untuk keperluan niaga dan militer untuk Senegal. 

Dubes Mansyur pun berharap promosi produk industri strategis Indonesia di Senegal dapat diwujudkan pada tahun 2018 ini. Dan juga mengharapkan adanya kunjungan antar kedua negara pada tingkat tertinggi untuk memperkuat hubungan bilateral dan persahabatan antara Indonesia dengan Senegal. 

Sebagai informasi, produk industri strategis Indonesia memang telah beberapa kali dipercaya oleh negara-negara di afrika. Seperti produk PT INKA yang pada tahun lalu diminati oleh negara Mesir, Zambia, Nigeria dan Ethiopia. Sementara produk PT PAL diminati oleh Nigeria, Gabon dan Guyana Bissau. 

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu