Sudah Tahu Surga di Timur Kalimantan Ini?

Sudah Tahu Surga di Timur Kalimantan Ini?
info gambar utama

Pulau Kalimantan adalah pulau yang dipercaya merupakan paru-paru bagi planet ini. Banyak juga dari kita pasti langsung memikirkan kata “hutan” atau “pertambangan” ketika pertama kali mendengar nama Pulau Kalimantan. Namun tahukah kawan, jika Pulau Kalimantan bukan hanya kaya akan hutan dan tambangnya? Pulau Kalimantan juga kaya akan keindahan pulau-pulau kecil di sekitarnya dan biota lautnya. Salah satunya adalah Kepulauan Derawan.

Kepulauan Derawan berada di Kabupaten Berau dan masuk ke dalam Provinsi Kalimantan Timur. Salah satu pulau yang cantik yang ada di Kepulauan Derawan adalah Pulau Derawan.

Kepulauan yang terkenal karena pasir putihnya ini memiliki luas 44,6 hektare. Tak perlu waktu lama untuk bisa menikmati pulau ini secara keseluruhan, hanya butuh 30 menit untuk bisa mengelilingi Pulau Derawan dengan menggunakan sepeda motor.

Bentangan pasir putih nan lembut dan birunya air laut inilah yang menjadi daya tarik Pulau Derawan. Tak hanya pemandangannya yang akan melepaskan penat, Pulau Derawan juga kaya akan biota lautnya.

Diatas pasir putih ada ratusan penyu yang sedang bertelur dan ada juga ratusan tukik yang siap “terjun” ke lautan lepas dan belajar menjadi penyu dewasa. Ada juga beberapa jenis ubur-ubur seperti Cassiopeia Ornata, Tripedalaia Cytophota, Mastigias Papua, dan Aurelia Aurita yang jumlahnya banyak di sana dan sering menari di sekitar dermaga.

Tak hanya ubur-ubur yang sering menari di sekitar dermaga, tetapi juga ikan-ikan kecil yang menari di antara hamparan alga hijau. Pulau Derawan memang tempat yang sangat cocok untuk melakukan snorkeling, karena kita dapat merasakan sendiri kekayaan biota laut yang ada di sini.

Saking kayanya akan biota laut, kepulauan derawan sempat diteliti oleh seorang peneliti dari Institut Antropologi Biologi dan Departemen Hewan, Universitas Oxford, inggris bernama Hoanthan Kindon. Belaiau mengatakan bahwa biota yang ada di kepulauan derawan mewakili berbagai bentuk kehiduoan purba. Katanya hampir mustahil di masa kini untuk menemukan ekosistem biota laut yang seperti di kepulauan derawan ini.

Tak hanya Pulau Derawan yang cantik di Kepulauan Derawan, tapi masih ada beberapa pulau yang juga tak kalah cantiknya dari Pulau Derawan, yaitu Pulau Kakaban, Pulau Sangalaki,dan Pulau Sidau.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini