Mengintip Deretan 5 Mobil Sport Karya Anak Bangsa, Cek Yuk!

Mengintip Deretan 5 Mobil Sport Karya Anak Bangsa, Cek Yuk!

Salah Satu Mobil Sport Karya Anak Bangsa (Source: ytmig.com)

Indonesia telah berhasil membuat banyak prototype mobil nasional yang merupakan hasil karya anak bangsa. Namun, seringnya deretan mobil nasional ini harus terhenti di tengah jalan dikarenakan berbagai faktor kendala seperti, tidak adanya investor, pasokan komponen, dan desain yang kurang menarik membuat mobil nasional gagal masuk ke proses produksi massal.

Namun, berikut ini Carsome akan mengulas beberapa mobil buatan Indonesia yang berhasil dibuat dengan mengusung desain kelas dunia dan menonjolkan kesan futuristik yang sangat kental. Bahkan jika diproduksi massal, mungkin banyak masyarakat yang akan tertarik dengan desain mewahnya dan memutuskan untuk membeli.

Berikut 5 Mobil Sport buatan Indonesia yang tak kalah dengan mobil buatan pabrikan besar di dunia.

1. Skev-1 (Signal Kustom Electric Vehicle 1)

Prototipe Mobil Skev-1 (Source: Blogspot.com)
Prototipe Mobil Skev-1 (Source: Blogspot.com)

Mobil ini adalah mobil sport bertenaga listrik buatan anak bangsa yang merupakan hasil kersama antara Coachbuilder Signal Custom dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Mobil SKEV-1 ini beberapa kali sempat menghebohkan masyarakat luas ketika pertama kali dipamerkan di Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang berlokasi di Serpong, Tangerang tepat pada Hari Teknologi Nasional.

Mobil SKEV-1 ini dibuat dengan desain Sporty nan mewah seperti mobil balap Le Mans. Mobil ini juga di dorong oleh dukungan motor listrik yang tenaganya kuat sampai 60HP yang mampu melesat hingga 140km/jam. Sayangnya, dikarenakan mobil ini hanya diperuntukan di ajang modifikasi dan otomotif saja, sehingga sulit mewujudkan versi produksi massal dari SKEV-1.

2. SV-1

Prototipe Mobil SV-1 (Source: Blogspot.com)
Prototipe Mobil SV-1 (Source: Blogspot.com)

Mobil yang dinamakan SV-1 ini memiliki desain yang sporty, menawan dan futuristik. Mobil ini merupakan pengembangan dari hasil SKEV-1 sebelumnya. Mobil ini juga merupakan hasil kerjasama antara Coachbuilder Signal Custom dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Mobil ini dilengkapi motor listrik yang ramah bagi lingkungan.

Mobil SV-1 ini juga dapat berakselerasi dengan kecepatan tertinggi mencapai 150KM/Jam. Desain Mobil SV-1 ini terbukti menjadi jempolan modifikasi otomotif di Indonesia karena sukses memenangkan salah satu kontes modifikasi terbesar di Indonesia.

3. Tuxuci

Mobil Prototipe Tuxuci (Source: Keepo.me)
Mobil Prototipe Tuxuci (Source: Keepo.me)

Mobil nasional selanjutnya yang juga hadir dengan desain futuristik kelas dunia adalah Tuxuci. Mobil yang dikenalkan langsung oleh Mantan Menteri BUMN yakni, Dahlan Iskan ini memang hadir dengan konsep mobil sport mewah yang akan menarik minat setiap orang yang melihatnya.

Namun sayang, ketika diuji coba ternyata terdapat kendala pada mekanisme rem yang dilakukan oleh Mantan Menteri BUMN ini sehingga hal ini membuat mobil ini gagal untuk memasuki produksi massal.

4. E&C

Mobil Prototipe E&C (Source: harianjogja.com)
Mobil Prototipe E&C (Source: harianjogja.com)

Salah satu perguruan tinggi di Surabaya, yakni ITS Surabaya tak mau kalah memproduksi mobil listrik. Mahasiswa perguruan tinggi tersebut berhasil membuat suatu mobil listrik yang dinamakan E&C yang didesain secara futuristik dan mewah. Mobil dengan konsep SUV ini memiliki wheelbase 240cm, sehingga jumlah penumpang sekitar 1-4 orang dipastikan akan mendapatkan ruang yang cukup di dalam kabin.

5. Selo

Mobil Prototipe Selo (Source: Thewallpapers.org)
Mobil Prototipe Selo (Source: Thewallpapers.org)

Mobil Selo ini merupakan mobil listrik beraura sport yang dihasilkan dari pengembangan mobil Tuxuci. Mobil buatan Tim Putra Petir ini juga didukung sepenuhnya oleh Mantan Menteri BUMN yakni, Dahlan Iskan . Desain yang sangat sporty dan juga elegan membuat mobil ini menjadi kendaraan mewah setaraf Internasional. Mobil ini dijadikan sebagai mobil listrik pertama di Indonesia yang masuk pada tahap produksi massal.

Bagaimana? Sudah tahukan bahwa Indonesia mampu membuat Mobil Sport mewah setaraf Internasional? Bahkan dengan desain-desain yang mungkin tidak Anda sangka sebelumnya. Itulah karya Anak Bangsa yang patut kita banggakan. Semoga segala proses yang dikerjakan dapat terealisasi dan Indonesia juga dapat memproduksi kendaraan sendiri dengan harga yang relatif lebih murah.


Sumber: www.carsome.id

Pilih BanggaBangga75%
Pilih SedihSedih5%
Pilih SenangSenang2%
Pilih Tak PeduliTak Peduli8%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi3%
Pilih TerpukauTerpukau7%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Melihat Jaringan 5G di Indonesia Sebelummnya

Melihat Jaringan 5G di Indonesia

1001 Cerita Dari Tanah Lot Pulau Jawa Selanjutnya

1001 Cerita Dari Tanah Lot Pulau Jawa

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.