Social Media for Social Good?

Social Media for Social Good?
info gambar utama
Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
info gambar

Social Media for Social Good merupakan sebuah lokakarya yang telah berlangsung mulai dari tahun 2015 lalu atas kerjasama dari Greeneration Foundation dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta. Tema yang diangkat dari lokakarya tersebut adalah "The Role of Millenials in Promoting Culture & Diversity Through Social Media." Program tersebut hadir atas peran yang dimainkan oleh Indonesia dalam hal pengguna media sosial yang menduduki peringkat atas dunia.

Akhyari Hananto selaku Founder dari Good News From Indonesia yang menjadi salah satu pembicara dalam lokakarya tersebut yang dilaksanakan pada 10 Februari lalu di Banjarmasin menyebutkan bahwa terdapat 127 juta pengguna internet di Indonesia, dengan 55% diantaranya merupakan anak muda rentang usia 18-25 tahun. Sedangkan total jumlah pengguna media sosial di Indonesia mencapai 10 juta orang.

Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) menyebutkan bahwa 65% dari total pengguna internet tahun 2017 berada di Pulau Jawa, totalnya mencapai 86,3 juta orang. Begitupula pengguna media sosial yang didominasi oleh anak muda ibukota Jakarta dan beberapa kota besar lainnya di Pulau Jawa.

Sementara di daerah-daerah lain terutama luar Pulau Jawa, penggunaan internet masih sangat rendah melihat banyaknya potensi keberagaman yang bisa dipromosikan.

Hal tersebutlah yang menjadi gagasan lahirnya lokakarya ini. Bertujuan untuk menggaet segala lapisan masyarakat untuk turut berpartisipasi mengenalkan budaya dan kekayaan yang ada di daerah-daerah lain, untuk bisa memanfaatkan kecanggihan digital sebagai sebuah platform mewujudkan impian tersebut.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
info gambar

Banjarmasin menjadi tuan rumah lokakarya tersebut untuk event tanggal 10 Februari lalu setelah tahun lalu juga menjadi tuan rumah. Selain Banjarmasin juga akan ada 4 kota lainnya yaitu Bangka, Ambon, Mataram, dan Medan. Greeneration foundation juga menggaet 1000 Guru Kalsel sebagai mitra kerjasama pelaksana lokal.

150 pegiat media sosial diundang sebagai peserta dengan menghadirkan Akhyari Hananto, Founder Good News From Indonesia sebagai narasumber pada lokakarya tersebut.

1050 peserta #SocMed4SocGood telah diaktifkan melalui lokakarya yang dihadirkan tahun lalu di 7 kota dengan lebih dari 12 narasumber gerakan sosial di Indonesia dihadirkan dengan capaian lebih dari 50 juta impresi di media sosial dengan tagar #SocMed4SocGood.


Sumber: Press release Social Media for Social Good atas kerjasama dengan GNFI

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini