Setelah membaca judul artikel tersebut dan anda menebak bahwa pulau terdamai tersebut ada di Pulau Bali, buang jauh-jauh pikiran tersebut. Karena pulau ini berada 2.500KM jauhnya dari Pulau Bali.

Sudah bisakah anda menebak dimana Pulau Terdamai tersebut berada? Pulau tersebut berada di Kepulauan Riau. Tepatnya berada di ujung Pulau Sugi, dimana anda akan menemukan Telunas Resorts. Di dalamnya berisi Pantai Telunas beserta Pulau Private Telunas kecil yang berada di atas perairan. Resort tersebut terletak di kawasan terpencil dari ramainya kota, dikelilingi oleh hijaunya hutan mangrove dan birunya laut. Sangat cocok bagi anda yang membutuhkan weekend getaway dari hiruk-pikuk kehidupan ibu kota.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Foto: Telunas Resorts

Pantai Telunas mulai dibangun pada tahun 2004 dan dibuat menyerupai rumah tradisional terbuat dari kayu yang biasanya berada di bibir pantai yang digunakan oleh nelayan sekitar yang disebut dengan kelong. Hampir keseluruhan dari resort ini dibangun di atas air -setiap ruangan atau chalet dibangun terpisah dengan atap jerami seperti pondokan, dihubungkan dengan papan kayu yang berfungsi sebagai jalan dengan sebuah area makan bersama dan pelabuhan untuk jetty.

Jalanan kayu yang menghubungkan setiap chalet | Foto: Telunas Resorts
Jalanan kayu yang menghubungkan setiap chalet | Foto: Telunas Resorts

Chalet yang ada di Pantai Telunas meskipun terlihat kecil dari luar namun dalamnya ternyata lebih luas karena dibangun untuk mampu mengakomodasi keluarga kecil atau kelompok-kelompok pertemanan, dengan sebuah kasur berukuran queen yang menghadap ke balkon dan sebuah sudut kecil dengan kasur bertingkat. Yang cukup mengejutkan adalah bagian kamar mandi yang cukup modern, berkeramik dan dilengkapi dengan air panas. Tidak hanya itu, sebagai pelengkap disediakan juga hammock - sangat cocok untuk menikmati suasana matahari terbenam.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Foto: Telunas Resorts
Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Foto: Telunas Resorts

Ternyata, Telunas Resorts memainkan peran penting dalam usaha pemeliharaan lingkungan. Resorts ini tidak menggunakan AC di setiap kamarnya, melainkan menggunakan kipas angin serta peletakan ruangan yang berada di atas air sehingga meskipun berada di wilayah tropis yang cukup lembab tetapi tidak kepanasan. Fasilitas mandipun disimpan di sebuah wadah keramik yang dibuat oleh warga lokal serta air minum disimpan dalam gelas-gelas botol yang dapat digunakan kembali serta dispenser.

Foto: Telunas Resorts
Foto: Telunas Resorts

Pantainya terletak tepat berdekatan dengan resort serta pusat rekreasi. Anda dapat menyewa kayak, bermain voli pantai atau pingpong meja yang unik tanpa meja melainkan trampolin kecil sebagai pengganti meja. Bagi anda yang hanya ingin bersantai, anda dapat berayun di atas hammock yang ada di kamar, atau duduk-duduk kursi yang ada di balkon kamar anda, bahkan berenang santai atau mengapung di atas air jernih sepanjang garis pantai.

Foto: Telunas Resorts
Foto: Telunas Resorts


Sumber: Theculturetrip.com

Ada 1 komentar

Ayo ikutan juga