Indonesia Jadi Negara Terbesar Kelima Dunia Kontributor Google Maps

Indonesia Jadi Negara Terbesar Kelima Dunia Kontributor Google Maps
info gambar utama
Indonesia ternyata tidak hanya menjadi konsumen teknologi digital tetapi juga mampu berkontribusi dalam mengembangkan dunia internet. Seperti yang diungkap oleh Google yang menjelaskan bahwa orang Indonesia ternyata senang berbagi informasi dengan berkontribusi di Google Maps.

Sebagaimana diberitakan detikInet (20/3) Indonesia masuk ke dalam lima besar negara dengan Loacl Guide terbanyak di dunia. Local Guide merupakan program Google yang memberikan kesempatan bagi pengguna Google Maps untuk berkontribusi memberikan informasi yang akurat pada aplikasi navigasi tersebut. Jakarta pun didapuk sebagai kota yang paling aktif di Indonesia dalam berbagi informasi di Google Maps

"Sudah lebih dari 140 juta informasi yang diberikan Local Guide dari Indonesia," ujar Dane Glasgow, Vice President Product Management Google Maps.

Para pengguna Google Maps yang masuk dalam program Local Guide akan didorong untuk menulis ulasan, berbagai foto dan mengoreksi tanda-tanda lokasi yang ada di aplikasi Google Maps. Local Guide juga diberikan semacam kuis pertanyaan untuk menambah, mengedit tempat dan memerika fakta berdasarkan informasi riil di lapangan seperti jam buka toko atau kantor misalnya.

Google pun menggunakan prinsip permainan untuk menarik perhatian para pengguna agar berkontribusi. Setiap informasi dan kontribusi yang dilakukan oleh Local Guide, akan diberikan poin dan dapat meningkatkan level pengguna. Semakin tinggi level yang diraih, maka hadiah yang didapatkan akan semakin tinggi. Selain itu Local Guide dengan level tinggi akan memiliki reputasi yang baik sehingga informasi yang dikontribusikan akan lebih mudah disetujui oleh Google.

"Kita dari Google tidak memberikan rewards khusus. Tapi sejumlah partner, seperti Go-Jek, Airy Room, datang ke kami untuk memberikan apresiasi ke sejumlah Local Guide," kata Product Manager Local Guide Google APAC, Bella Wibowo.

Apresiasi pun diberikan dalam berbagai bentuk, bahkan setiap tahunnya Google kana memilih Local Guide teraktif sedunia untuk berangkat ke San Francisco, Amerika Serika untuk menghadiri acara summit. Bagaimana amenurutmu kawan? Tertarik untuk turut berkontribusi?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini