Pakai Kereta dari Bandung dan Cirebon Nanti Bisa Langsung ke Bandara Soetta

Pakai Kereta dari Bandung dan Cirebon Nanti Bisa Langsung ke Bandara Soetta
info gambar utama

PT Railink berencana memperpanjang rute perjalanan Kereta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) hingga ke Bekasi. Bila hal itu dilakukan, maka warga Bandung, bahkan Cirebon juga bisa langsung menuju ke Bandara Soetta.

Direktur Operasi dan Teknik Railink Purwanto Handry Nugrono mengatakan saat ini pihaknya bersama induk perusahaan, yakni PT Kereta Api Indonesia (KAI), berencana melakukan integrasi tiket pembelian Kereta Bandara Soetta, dengan kereta jarak jauh.

"Kemarin sudah diajak oleh PT KAI ya, jadi karena kami tarik (rute) sampai Bekasi ini akan kita integerasikan tiketing kami dengan KAI, untuk nyambung dengan yang (kereta) Parahyangan dan Cirebon Ekspres. Jadi teman-teman Bandung, Cirebon itu bisa terangkut. Dalam waktu dekat," kata Purwanto saat berkunjung ke markas detikcom, Jakarta, Jumat (23/3/2018) lalu.

Kereta Bandara Soekarno-Hatta. Foto: JP/Dhoni Setiawan
info gambar

Purwanto menjelaskan dengan integerasi sistem tiket ini maka nantinya penumpang kereta jarak jauh, yakni Argo Parahyangan ataupun Cirebon Ekspres hanya perlu membeli tiket satu kali. Nantinya, penumpang hanya perlu turun di Stasiun Bekasi dan langsung dilanjutkan ke Bandara Soetta.

"Jadi beli tiketnya satu saja, turun di Stasiun Bekasi, lanjut kan ke Bandara Soetta," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Railink Heru Kuswanto menjelaskan integerasi ini nantinya layanan ini tak hanya untuk warga Bandung atau Cirebon saja. Namun juga untuk pengguna kereta jarak jauh lainnya, contohnya seperti dari Purwokerto.

Presiden Joko Widodo bersama rombongan saat meresmikan layanan KA Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (2/1/2018). Foto: Railway Gazette
info gambar


"Intinya nanti begini saja, KA jarak jauh dari timur ya, dari Cirebon, Bandung, Purwakarta, jangan lupa Purwokerto juga belum punya bandara loh," kata dia.

"Jadi dia kalau mau ke bandara nggak perlu repot. Cukup turun di Bekasi, tiket pun sudah di tangan kan, dan bisa diintegerasikan. Tinggal tap-in, masuk. Cuma satu jam paling lama, Bekasi-Bandara loh ya," tutupnya.


Sumber: Detikcom

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini