Geopark Baru UNESCO dari Lombok

Geopark Baru UNESCO dari Lombok
info gambar utama

Kalau kita melihat Pulau Lombok, jauh dari sebelah barat atau timur, kita akan melihat bahwa separuh pulau seluas 5.435 km2 ini terlihat lebih tinggi di sisi utara dibanding separuh sisi selatan yang lebih landai dan datar. Di ketinggian separuh Lombok bagian utara itulah, berdiri sebuah gunung api aktif yang megah, kokoh dan indah. Itulah Gunung Rinjani.

Gunung ini menghiasi dan membentuk lanskap separuh pulau Lombok. Bagi para pendaki gunung, puncak Gunung Rinjani merupakan salah satu puncak gunung paling indah dan menawan di Indonesia. Dengan ketinggian 3.726 meter diatas permukaan laut (mdpl), Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia (di luar gunung di Papua) setelah Gunung Kerinci (3.805 mdpl) di Sumatera.

Ada kabar gembira dari gunung ini.

Setelah perjuangan yang panjang, akhirnya kawasan Gunung Rinjani di NTB akhirnya ditetapkan menjadi geopark dunia. Ini kabar gembira bagi Indonesia.

Tanda-tanda Gunung Rinjani akan menjadi Global Geopark sebenarnya telah terlihat, yaitu saat NTB ditunjuk sebagai tuan rumah Asia Pasific Geopark Network Symposium. Atau, pertemuan seluruh anggota Geopark se-Asia Pasific pada 2019.

"Secara de facto, Gunung Rinjani sudah masuk menjadi geopark dunia sejak ditunjuknya NTB menjadi tuan rumah kegiatan Asia Pasific Geopark Network Symposium pada 2019. Namun pengumuman resminya dikeluarkan pada April 2018. Sedangkan penyerahan piagam sebagai anggota baru geopark dunia akan dilaksanakan di Italia, September 2018," kata General Manager Geopark Rinjani, Chairul Mahsul.

Gunung Rinjani | /rinjaninationalpark.com
info gambar

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga ikutan gembira. Menurutnya, semakin banyak pengakuan dunia yang mampir ke Indonesia, semakin menaikkan pamor Indonesia. Penetapan ini juga akan meningkatkan kujungan wisatawan ke NTB. Imbasnya tentu peningkatan ekonomi NTB.

Benchmark-nya ada China maupun Korea yang berhasil mengembangkan geopark. China berhasil mengembangkan Yuntaishan Geopark semula tahun 2000 dikunjungi 200 ribu wisatawan, meningkat menjadi 1,25 juta wisatawan dengan perolehan devisa sebesar US$ 90 juta pada 2004, setelah dua tahun bergabung dengan GGN UNESCO.

"Begitu pula Jeju Island Geopark di Korea Selatan tahun 2011 dikunjungi 7 juta wisatawan. Saya yakin Kawasan Gunung Rinjani bakal makin nge-hits lagi" kata Menpar Arief.

Gunung Rinjani juga memiliki nilai spiritual bagi orang Hindu Bali dan suku sasak, suku asli di Lombok. Bagi orang Bali, Rinjani adalah satu dari tiga gunung yang disucikan karena dianggap tempat tinggal para dewa, setelah Semeru dan Agung. Bahkan pada tahun 1727M, Raja Anak Agung Ngurah dari Karangasem, Bali membangun Pura Narmada yang sangat luas di Lombok Barat dengan bentuk unik, sebagai replika dari Gunung Rinjani. Ini sebagai bukti betapa gunung ini begitu diagungkan sejak dulu. Nama Rinjani sendiri konon berasal dari istilah Jawa Kuno yang berarti ‘Yang Agung’.

Gunung Rinjani masuk di wilayah Taman Nasional Gunung Rinjani seluas 41.330 hektar dan diusulkan naik menjadi 76.000 hektar di sebelah barat dan timur. Di Taman Nasional Gunung Rinjani terdapat garis imaginer yang menjadi zona transisi Wallacea, tempat flora dan fauna khas Australia bertemu dengan flora dan fauna tropis khas Asia Tenggara. Keragaman hayatinya tak perlu diragukan lagi. Luar biasa.

Salah satu keunikan Gunung Rinjani yang paling menarik perhatian adalah adanya Danau Segara Anak dan Gunung Baru di kawasan puncaknya. Tak ada yang lebih membahagiakan selain menemukan surga kecil berwarna kebiruan setelah lelah mendaki gunung selama berjam-jam. Surga kecil itu berada di lembah sisi baratGunung Rinjani yang secara geografis terletak di Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur.

Trekking Rinjani | nomadtravellers.com
info gambar

Danau Segara Anakmerupakan danau kawah (kaldera) Gunung Rinjani, berbentuk seperti bulan sabit, berada di ketinggian sekira 2.008 mdpl dengan luas mencapai 1.100 hektar dan kedalaman berkisar 160 – 230 meter. Di tengah-tengah danau, nampak anak Gunung Rinjani yang dinamakan Gunung Baru Jari (gunung baru jadi) dengan ketinggian 2.376 mdpl. Gunung ini masih terbilang aktif dan terakhir meletus pada 2009, sebelumnya gunung ini juga meletus tahun 2004.

Besarnya debit air di Danau Segara Anak adalah berkah bagi alam sekitarnya. Banyak sungai dan air terjun terbentuk dari resapan air Danau Segara Anak. Tak heran, di sekitar sekitar Gunung Rinjani terdapat belasan air terjun besar dan kecil yang cukup terjaga keasrian hutan sekitarnya.

Sumber : Mongabay.co.id | detik travel | antara

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini