Purbalingga Bakal Punya Bandara, Jawa Tengah Bagian Barat Semakin Maju

Purbalingga Bakal Punya Bandara, Jawa Tengah Bagian Barat Semakin Maju

© Shalom Mwenesi / unsplash.com

Kabupaten Purbalingga di Jawa Tengah tidak lama lagi akan memiliki bandara aktif. Bandara tersebut bernama Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman yang nantinya dikelola oleh TNI AU. Bandara itu diharapkan bisa meningkatkan potensi ekonomi, pariwisata dan investasi di 9 kabupaten di sekitar Purbalingga.

Seperti diberitakan detikFinance, (23/4) Bupati Purbalingga, Tasdi menjelaskan bahwa bandara ini diharapkan bisa memberikan efek pengganda bagi seluruh wilayah yang ada di sekitar Bandara JB Soedirman. "Bandara ini nantinya akan memberikan multiplier effect bukan hanya ke Kabupaten Purbalingga, tapi ke 9 kabupaten di Jawa Tengah bagian barat yang masuk 15 besar daerah tertinggal," ujarnya.

Bupati Tasdi juga menjelaskan bahwa memang wilayah Jawa Tengah bagian barat saat ini sedang banyak terjadi investasi dalam hal perdagangan maupun pariwisata.

Pembangunan bandara JB Soedirman sendiri telah melalui beberapa tahapan. Seperti pada bulan November tahun lalu sudah dilakukan MoU antara Pemda, Provinsi, Angkasa Pura II dan TNI AU atas perintah Menteri Perhubungan. Rencananya untuk tahap pertama pembangunan, bandara akan dibangun sepanjang 1.600 di atas tanah milik TNI AU yang memilik luas 115 hektare (ha).

"Kami berharap bandar udara ini bisa diwujudkan tidak hanya 1.600 meter tapi harapannya jadi 2.500 meter. Kami dari Pemda Purbalingga juga diberi kewajiban menambah 5 hektare dan provinsi 9 hektare, sehingga nanti panjangnya bisa mencapai 2.500 meter untuk bandara Internasional," harap Tasdi.

Sedangkan infrastruktur pendukung untuk bandara seperti akses jalan dan jembatan menuju bandara dari Banyumas, Kebumen maupun Banjarnegara juga tengah disiapkan. Anggaran pembangunan ini mencapai Rp 125 milyar termasuk di dalamnya Rp 30 milyar untuk ganti rugi tanah penduduk di sekitar bandara.

Kota Purwokerto, Tegal dan Purbalingga sendiri merupakan kota dengan pusat perdagangan. Banyak perusahaan besar dan menengah yang produknya telah diekspor berada di daerah tersebut. Tercatat kurang lebih terdapat 1.039 perusahaan yang ada di sana. Sementara di Purbalingga terdapat 300 perusahaan dan 24 perusahaan hasil Penanaman Modal Asing (PMA) asal Korea untuk produk rambut imitasi, wig dan bulu mata yang telah menyerap tenaga kerja sebesar 66 ribu orang.

Oleh karena itu, pembangunan bandara JB Soedirman diharapkan dapat meningkatkan investasi lebih tinggi di Jawa Tengah bagian barat. Selain itu sektor pariwisata juga diharapkan akan turut bisa berkembang dengan adanya bandara baru ini. Beberapa destinasi wisata unggulan di daerah ini adalah Baturrade, agrowisata serang dan dataran tinggi Dieng.

Pilih BanggaBangga68%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang30%
Pilih Tak PeduliTak Peduli3%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Inilah Maskapai-maskapai Asia Tenggara dengan Inflight Wifi Sebelummnya

Inilah Maskapai-maskapai Asia Tenggara dengan Inflight Wifi

Google Rayakan 70 Tahun Sosok Chrisye Selanjutnya

Google Rayakan 70 Tahun Sosok Chrisye

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.