Istri Almarhum Gus Dur masuk 100 Orang Paling Berpengaruh TIME Magazine

Istri Almarhum Gus Dur masuk 100 Orang Paling Berpengaruh TIME Magazine
info gambar utama

Sinta Nuriyah, istri dari Almarhum Abdurahman Wahid, menjadi satu-satunya orang Indonesia yang masuk dalam daftar 100 Orang Paling Berpengaruh di dunia tahun 2018 menurut majalah TIME. Selama 18 tahun ini, beliau berkeliling ke berbagai daerah di Indonesia untuk melakukan sahur keliling, dengan melibatkan komunitas lintas agama dan kalangan masyarakat bawah.

"Dia memilih untuk mendukung mereka yang lemah daripada kemapanan tanpa risiko sebagai janda mantan Presiden," dikutip dari pengantar di Majalah TIME tentang SInta Nuriyah.

Infografis @GNFI
info gambar

Pemimpin dunia yang juga berada dalam daftar tersebut antara lain Presiden AS Donald Trump, Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Presiden Cina Xi Jinping dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Sinta Nuriyah memiliki latar belakang pendidikan tentang hukum syariah dan feminisme. Itu membuatnya memahami bagaimana kawasan yang terpolitisisasi secara khusus kejam terhadap perempuan dan minoritas.

Tahun 2017 lalu, New York Times juga merilis daftar 11 Perempuan Paling Berpengaruh di dunia. Salah satu di antaranya adalah Sinta Nuriyah. Menurut koran harian amerika tersebut, perempuan berusia 70 tahun tersebut konsisten memperjuangkan Islam yang toleran.

Sumber : BBC, Viva, IDN Times.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini