Pulau Lombok Bukan Cuma Soal Pantainya, Taliwang dan Rembiga Pasti Bikin Nagih

Pulau Lombok Bukan Cuma Soal Pantainya, Taliwang dan Rembiga Pasti Bikin Nagih
info gambar utama

Siapa tidak kenal Lombok?

Pulau yang pernah dinobatkan menjadi tempat wisata bulan madu terbaik di ajang International World Halal Travel Award 2015 lalu, dan seperti yang banyak kita tahu kalau pulau Lombok ini juga terkenal dengan deretan pantainya yang tidak kalah cantik dari pulau Bali, bahkan beberapa pantai Lombok masih sangat alami sehingga suasananya jauh lebih menenangkan.

Tapi, Lombok bukan cuma soal pantai dan pulau-pulai kecil yang terkenal hingga ke mancanegara itu, ada yang juga bisa bikin kamu jatuh cinta lagi dan lagi dengan Lombok. Yap, makanan khas Lombok yang tidak jauh dari cita rasa rempah serta rasa pedas dari cabai Lombok itu sendiri.

Buat kalian yang berkesempatan mengunjungi salah satu pulau tercantik milik Indonesia ini, jangan lewatkan makanan khas yang bisa memanjakan lidah kalian ya!

1. Plecing Kangkung

shutterstock
info gambar

Mungkin untuk makanan yang satu ini hampir semua dari kita pernah mencobanya, plecing kangkung sendiri sebenarnya adalah khas Lombok hanya saja sudah banyak tempat kuliner di Ibu kota maupun kota-kota lain yang menyajikan makanan ini.

Walau terlihat sederhana, campuran dari Kangkung yang direbus dan Paduan cabai rawit, garam, tomat dan terasinya begitu luar biasa, rasa pedasnya jadi jauh lebih nikmat.


2. Ayam Taliwang

shutterstock
info gambar

Ayam Taliwang sudah pasti makanan khas Lombok yang paling populer. Cobalah ayam Taliwang bakar. Wuiih rasanya pedas maknyus banget. Selain bisa dibakar, ayam Taliwang juga bisa disajikan dengan cara digoreng.

Ayam kampung yang dipilih merupakan ayam yang masih muda sehingga dagingnya sangat empuk dan mudah sekali di lepaskan dari tulang-tulangnya. Sensasi makanan pedas memang surganya kuliner di Lombok.

3. Sate Bulayak

shutterstock
info gambar

Mungkin namanya saja yang kurang familiar. Namun, sate bulayak ini hampir sama dengan sate Madura lainnya. Yang membedakan terletak pada lontong yang disajikan. Keunikan sate Bulayak karena lontongnya dibungkus dengan menggunakan daun aren dengan bentuk spiral. Cara membukanya pun unik karena harus mengikuti ulir daun arennya.

Satenya menggunakan daging sapi yang sudah dipadukan dengan sambal khas suku Sasak. Kearifan lokal sate Bulayak ini dimakan dengan cara tanpa menggunakan sendok atau garpu. Jadi, pastikan kalian sudah mencuci tangan ya.

berita terkini

4. Nasi Balap Puyung

liputan6.com
info gambar

Sekali mencoba rasanya kalian akan ketagihan untuk mencoba dan mencobanya lagi. Itulah nasi balap puyung. Sekali lagi sensai pedasnya yang menjadikan selera makan bertambah dan ingin nambah. Dengan topping ayam suwir, dipadukan dengan cabai, kacang kedelai, taburan rebon kering, abon dan lauk belut menjadikan paket nasi balap puyung ini juara. Waduh sampe ngiler deh dibuatnya. Air liur kalian bakal bercucuran mengingatnya.

5. Sate Rembiga

shutterstock
info gambar

Lombok memang surganya para sapi. Di sini sapi-sapi bebas berkeliaran sehingga tidak mudah stress. Itulah yang menyebabkan daging sapi dari Lombok dan Sumbawa terkenal lebih lembut dan nikmat.

Sate Rembiga ini memiliki rasa yang unik, mulai dari manis, gurih dan utamanya pedas. Nama Rembiga berasal dari nama sebuah Desa Rembiga. Karena sangat laris dan populer sampai sekarang dikenal dengan nama Sate Rembiga.

6. Sate Tanjung

pesonalomboksumbawa.info
info gambar

Selain mudah untuk mendapatkan sapi, Lombok juga berlimpah dengan kuliner baharinya. Nah, salah satunya adalah sate Tanjung yang bahan utamanya dari ikan Cakalang.

Sate Tanjung biasanya dinikmati selagi masih panas dan didampingi dengan lontong atau nasi. Keduanya sama-sama memberikan kenikmatan tersendiri dalam menikmati sate ikan Cakalang Lombok.

Rasa gurihnya didapat dari santan dan beberapa rempah khas Lombok. Yang paling khas memang sate Tanjung di pasar Tanjung. Makanan khas ini pantas untuk kamu coba karena sulit untuk mendapatkannya di ibukota.

7. Beberuk Terong

lomboktourguide.com
info gambar

Mungkin ini bisa disebut juga gado-gado Lombok. Kuliner jenis lalapan ini biasanya dipadu padankan saat menikmati Ayam Taliwang. Bahan utamanya memang menggunakan terong ungu yang sudah dipotong-potong dan dicampur dengan tomat serta beberapa bumbu rempah lainnya. Nah, setelah ditambah dan dicampur kemudian terong dan taburan bumbu rempah ini ditambahkan kesegaran air jeruk limau. Rasanya benar-benar gado-gado, pedas, manis, asam dan sangat segar untuk makan siang sekalipun.

Wah, Menarik banget ya kuliner khas Lombok!

Percaya kan kalau Lombok bukan cuma soal pantainya, tapi ada kuliner khasnya yang tidak akan mengecewakan. Lebih asik lagi kalau makannya dipinggir pantai atau diatas bukit-bukit cantik yang jadi kebanggaan Lombok juga sih. Nyum!

sumber tambahan: blog.reservasi.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini