Pindad Dipercaya Merakit Roket Buatan Brasil

Pindad Dipercaya Merakit Roket Buatan Brasil

© Avibras.com.br

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Kemampuan PT Pindad sebagai industri pertahanan Indonesia rupanya juga diakui oleh Brasil. Pengakuan tersebut datang dari Avibras Company yang memproduksi senjata roket di negara Samba tersebut. Kepercayaan Avibras pada Pindad untuk merakit roket, tidak hanya menguntungkan dari segi ekonomi tetapi juga dalam hal alih teknologi.

Seperti diberitakan liputan6.com (4/5) Direktur Utama Pindad, Abraham Mose menjelaskan bahwa kerjasama ini akan menjadi kekuatan baru bagi Pindad dalam mendukung kemandirian industri pertahanan Indonesia. "Karena kebutuhan TNI banyak sekali, apalagi amunisi latihan, arahan Kasad (Kepala Staf Angkatan Darat) adalah Pindad yang harus mampu buat itu. Jadi longsognya dari sana, kita isi, kita rakit di Turen (Malang), dipakai TNI," ujar Abraham.

Teknologi reokte sendiri merupakan salah satu senjata pertahanan yang digunakan dalam jarak menengah. Roket akan mampu menembak sasaran dengan akurat dari jarak kurang lebih 85 kilometer dengan kecepatan mencapai 90 km/jam. Besaran kalibernya sendiri mencapai 80mm sehingga memiliki daya ledak mencapai 52 hektare.

Ukurannya yang besar menyebabkan roket ini harus diluncurkan menggunakan kendaraan khusus atau transporter yang juga diproduksi oleh Avibras. Namun Pindad sendiri berencana untuk bisa mengembangkan dan membuat kendaraan peluncur roket.

Abraham pun menejlaskan bahwa setiap tahunnya, TNI membutuhkan setidaknya 3.000 roket untuk latihan maupun yang siaga untuk pertahanan. Tingginya kebutuhan ini yang kemudian mendorong Pindad untuk bekerja sama dengan Avibras untuk melakukan alih teknologi. "Jadi mulai akhir tahun kita akan assembling roket ini di Turen. Dan kalau ini sudah jalan, kita juga cob amasuk untuk buat sendiri transporternya," jelas Abraham.

Pindad sendiri merupakan perusahaan pertahanan yang miliki reputasi tingkat dunia. Produk-produk buatannya telah diakui secara internasional. Salah satunya adalah senapan serbu SSV-2 yang berulang kali memenangkan kompetisi menembak tingkat dunia. Tahun ini, Pindad juga berencana untuk memproduksi ratusan juga amunisi untuk kebutuhan ekspor dan domestik.

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga76%
Pilih SedihSedih3%
Pilih SenangSenang10%
Pilih Tak PeduliTak Peduli1%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi1%
Pilih TerpukauTerpukau7%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
5 Fakta Menarik Tentang Survey Indeks Optimisme Generasi Muda Indonesia Sebelummnya

5 Fakta Menarik Tentang Survey Indeks Optimisme Generasi Muda Indonesia

8 Juni 2020, Ojol DKI Kembali Bisa Angkut Penumpang Selanjutnya

8 Juni 2020, Ojol DKI Kembali Bisa Angkut Penumpang

Bagus Ramadhan
@bagusdr

Bagus Ramadhan

http://kulawarga.id

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.