Setelah kereta api Bandara Kualanamu Sumatera Utara dan Bandara Soekarno Hatta, PT. Kereta Api Indonesia (KAI) kembali memberikan alternatif pilihan dalam bertransportasi, khususnya dengan kereta api. Baru-baru ini, tepatnya pada Kamis (17/5), PT KAI resmi meluncurkan Kereta Api (KA) Solo Ekspres di Stasiun Solobalapan.

Peresmian yang ditandai dengan pemotongan pita dan pemecahan kendi ini dilakukan oleh Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo dan juga didampingi oleh Direktor Operasi Slamet Suseno Priyanto, PLT Komisaris Utama KAI Suhono Harso Supangkat dan EVP Daop 6 Yogyakarta, Eko Purwanto.

Pemotongan pita dalam peresmian KA Solo Ekspres | Foto: Dok. PT. KAI/kai.id
Pemotongan pita dalam peresmian KA Solo Ekspres | Foto: Dok. PT. KAI/kai.id

KA Solo Ekspres yang mulanya dibuat untuk menghubungkan Bandara Internasional Adi Soemarmo dengan Stasiun Solobalapan ini dimanfaatkan untuk membantu layanan KA Prambanan Ekspres (Prameks) karena jalur rel yang belum jadi. Jalur rel tersebut diharapkan akan bisa rampung pada akhir 2018 dan beroperasi pada awal 2019.

Mengingat jalur rel yang masih dalam tahap konstruksi, KA Solo Ekspres melayani rute Solo-Yogyakarta-Kutoarjo, serta sebaliknya, dalam sehari sebanyak 2 perjalanan.

Rudy, sapaan akrab Wali Kota Solo, memuji langkah yang dilakukan KAI ini adalah tindakan yang luar biasa mengingat Solo adalah pasar potensi tujuan wisata.

“Hal ini sesuai anjuran pemerintah untuk memberikan transportasi umum yang nyaman dan berkualitas,” ujarnya. Rudy juga berharap KA Solo Ekspres ini membawa dampak positif bagi Solo dan kota tujuan lainnya.

Selain itu, Dirjen KA Kementerian Perhubungan, Zulfikri juga mengatakan pengoperasian KA Solo Ekspres dilakukan untuk mengakomodasi tingginya permintaan di jalur tersebut.

“Wilayah Surakarta, Yogyakarta, dan Kutoarjo semakin berkembang sebagai pusat kegiatan ekonomi, pendidikan, dan wisata sehingga perlu didukung dengan angkutan umum massal yang efisien,” jelasnya.

Mengintip Fasilitas dan Layanan KA Solo Ekspres

Interior KA Solo Ekspres | Foto: Dok. PT. KAI/kai.id
Interior KA Solo Ekspres | Foto: Dok. PT. KAI/kai.id

Meskipun masih membantu layanan KA Prameks, KA Solo Ekspres sebagai kereta api bandara memiliki fasilitas yang lebih bagus.

KA Solo Ekspres didesain ramah difabel dengan memberikan akses untuk pengguna kursi roda agar bisa menikmati layanan publik terbaru ini. Di dalamnya juga disediakan area untuk penumpang bekursi roda tersebut. Selain itu, KA Solo Ekspres juga dilengkapi kursi penumpang eksekutif dengan ruang kaki yang lebih luas.

Fasilitas seperti pendingin udara, TV, USB charger, dan toilet juga tidak lupa disediakan oleh KA Solo Ekspres berjenis KRDE yang memiliki 4 gerbong dengan kapasitas penumpang sebanyak 393 penumpang duduk dan berdiri ini.

“Dengan fasilitas yang lebih lengkap dan nyaman, kami optimis masyarakat dapat menikmati perjalanan dengan KA Solo Ekspres ini,” tambah Suhono, PLT Komisaris Utama KAI.

Fasilitas KA Solo Ekspres dapat digunakan pada 8.40 dan 15.40 WIB dari Solo. Sedangkan dari Kutoarjo, KA ini beroperasi pada pukul 11.15 dan 18.25 WIB. Berikut adalah jadwal keberangkatan KA lengkap dengan stasiun-stasiun pemberhentiannya.

Jadwal KA Solo Ekspres | Foto: kai.id
Jadwal KA Solo Ekspres | Foto: kai.id
Keterangan jadwal KA Solo Ekspres | Foto: kai.id
Keterangan jadwal KA Solo Ekspres | Foto: kai.id

Bagaimana dengan Tarifnya?

Mulai 21 Mei 2018, PT KAI menerapkan tarif promo sebesar Rp40.000,- untuk rute Stasius Kutoarjo-Solobalapan (pp) dan Rp30.000,- untuk rute Stasiun Kutoarjo-Yogyakarta (pp) atau Stasiun Yogyakarta-Solobalapan (pp).

Namun, khusus untuk perjalanan KA pada masa angkut lebaran, yakni 5-26 Juni 2018, PT KAI akan mengenakan tarif Rp60.000,- untuk rute Kutoarjo-Solobalapan (pp) dan Rp45.000 untuk rute Stasiun Kutoarjo-Yogyakarta (pp) atau Stasiun Yogyakarta-Solobalapan (pp).

Sambutan Hangat dari Masyarakat

Beroperasinya KA Solo Ekspres yang fasilitasnya cukup lengkap ini ternyata disambut hangat oleh masyarakat. Krisna, salah satu penumpang KA Solo Ekspres, mengaku getaran mesin kereta ini cukup halus sehingga membuat penumpang lebih nyaman.

“Suaranya halus, mungkin karena kereta baru,” tuturnya.

Hal senada disampaikan penumpang lain, Ilham. Ia mengatakan sudah menunggu cukup lama pengoperasian KA Solo Ekspres. Ia, yang merupakan pecinta kereta api, mengaku senang karena fasilitas di dalam kereta api cukup memadai.

Semoga sambutan hangat ini bisa meningkatkan minat warga terkait penggunaan fasilitas publik, ya. Jangan lupa juga untuk bijak menggunakan fasilitas publik dan menjaga fasilitas yang ada agar tidak cepat rusak!

Sumber: Laman Resmi Berita PT. KAI, Laman Resmi Siaran Pers PT. KAI

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu