Masjid-Masjid ini Ternyata Hits di Media Sosial. Kok Bisa?

Masjid-Masjid ini Ternyata Hits di Media Sosial. Kok Bisa?

Masjid Ramlie Musofa, mengkombinasikan 3 budaya dalam satu bangunan masjid © Odiesign Kabar Berita

Saat bulan Ramadan tiba, masjid-masjid akan menjadi ramai jamaah. Dari yang masih anak-anak, hingga para manula berlomba-lomba datang ke masjid untuk beribadah di bulan yang suci. Tidak hanya itu, bulan ramadan menjadi momen di mana para wisatawan lokal berkunjung ke masjid-masjid yang mungkin belum pernah mereka datangi. Selain beribadah, mereka mendatangi masjid ke masjid untuk menyaksikan kemegahan atau keunikan dari tempat ibadah tersebut.

Namun tahukan Kawan GNFI, ada beberapa masjid yang terkenal di dunia maya? bahkan Ulasan Google pada masjid tersebut melebihi restoran atau cafe disekitar rumah kita.

1. Masjid Al-Lathiif, Kota Bandung.

sumber :  heroe chaerudin
sumber : heroe chaerudin

Masjid yang terletak di Jl. Saninten No.2, Cihapit, Bandung Wetan, Kota Bandung ini memiliki 639 Ulasan di Google. Angka ini bahkan mengalahkan ulasan pada restoran pizza terkenal di Bandung Indah Plaza yang hanya 96 ulasan.

Sumber : rahmadi saroso
Nyaman, membuat jamaah muda berusia 20-30an betah beribadah di sini. (Sumber : rahmadi saroso)

Masjid yang berlokasi di kawasan srategis ini memang selalu ramai didatangi anak muda, terutama setiap hari Senin dan Rabu. Setelah Magrib, ada kegiatan kajian rutin berbagai tema yang digelar di sana. Mayoritas jamaah di masjid tersebut adalah pemuda pemudi berusia sekitar 20-30 tahun. Selain itu, Masjid ini menjadi tempat rutin kajian agama yang diadakan oleh "Shift" atau Pemuda Hijrah, sebuah komunitas pemuda muslim ternama di Indonesia. Jika kawan GNFI berada di Bandung, sempatkanlah untuk mengunjungi Masjid ini.

2. Masjid Ramlie Musofa, Jakarta.

Sumber : Hello Hijabers
Sumber : Hello Hijabers/Herry Tjiang

Sebuah masjid megah yang berada di sisi Danau Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara pasti akan mencuri perhatian mata siapapun yang melewatinya. Masjid yang beralamatkan Jalan Danau Sunter Raya Selatan Blok I / 10 No. 12C - 14A ini Sekilas tampak seperti Taj Mahal di India. Memiliki arsitektur yang unik serta keindahan ornamen dengan kombinasi tiga budaya yaitu Melayu, Arab dan Cina terpampang jelas di setiap sudut bangunannya. Itulah mengapa tak sedikit para jamaah atau wisatawan yang sering mengambil gambar atau berswafoto di masjid ini.

Pendirinya, Haji Ramli Rasidin ternyata merupakan warga keturunan Tionghoa asal Aceh yang merantau ke Jakarta pada tahun 1970-an. Sejak memeluk agama Islam, Haji Ramli bermimpi untuk mendirikan sebuah masjid yang indah dengan unsur percampuran budaya serta ornamen yang megah. Mimpinya selama lebih kurang 40 tahun itu akhirnya terwujud pada 15 Mei 2016 lalu ketika Masjid Ramlie Musofa diresmikan oleh Ramli Rasidin dan Imam Besar Masjid Istiqlal di Jakarta Utara. Menurut pengurus masjid, Sofyan yang merupakan anak dari Ramli Rasidin, nama masjid ini diambil dari potongan nama anggota keluarganya yang terdiri dari Ram singkatan dari Ramli Rasidin, Lie adalah Lie Njoek Kim. Musofa merupakan singkatan dari ketiga anak dari Haji Ramlie, yakni Muhammad, Sopian, dan Fabian.

3. Masjid Ulul 'Azmi, Kampus C Universitas Airlangga, Surabaya.

sumber : Universitas Airlangga
sumber : Universitas Airlangga

Tahun 2016 lalu - tepatnya bulan ramadan - masjid yang terletak di kampus C Universitas Airlangga Surabaya diresmikan. Pembangunan yang tak sampai 2 tahun, dengan menghabiskan dana Rp.17 miliyar, masjid megah ini menjadi tempat untuk para pemuda-pemudi mahasiswa-mahasiswi UNAIR beribadah. Masjid ini juga sering mengadakan kajian-kajian agama yang tema dan pengisinya (ustadz atau narasumber) menarik ribuan jamaah (khususnya para pemuda). Pada Akun Instagram resminya, @ululazmiunair memiliki lebih dari 4400 followers.

Jika sujudmu jadi tempat kembali

Sebuah kiriman dibagikan oleh Alim Ikhwanudin (Real Name) (@1khwan_alim) pada

Masjid ini memiliki keindahan pada eksteriornya, tidak sedikit para jamaah yang berswafoto di sini. selain itu, kemegahan terlihat di bagian dalam masjid. Lampu gantung yang indah menjadi nilai lebih bagi masjid Unair C ini.

😍

Sebuah kiriman dibagikan oleh Tegar Dimas Wimanjaya (@tgrdms08) pada

3 masjid di atas bisa jadi referensi kawan GNFI yang suka mengunjungi masjid-masjid ketika bulan Ramadan, khususnya untuk sholat tarawih berjamaah.

Pilih BanggaBangga53%
Pilih SedihSedih4%
Pilih SenangSenang9%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi12%
Pilih TerpukauTerpukau23%

Artikel ini dibuat oleh Tim Redaksi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Yuk Lihat Kerennya Bandara Internasional Jawa Barat Sebelummnya

Yuk Lihat Kerennya Bandara Internasional Jawa Barat

Tembokpedia: Sebuah Inisiatif Baru dari Indonesia Mengajar Selanjutnya

Tembokpedia: Sebuah Inisiatif Baru dari Indonesia Mengajar

0 Komentar

Beri Komentar