Ditargetkan selesai bulan Agustus 2018, Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang berada di Bali ini akan menjadi patung tertinggi kedua di dunia.

Dibuat oleh pematung Indonesia Nyoman Nuarta, tingginya akan lebih rendah dari Spring Temple Buddha yang ada di Cina tapi lebih tinggi daripada Laykyun Sekkya Buddha di Myanmar, seperti yang dikutip dari kompas.com.

Kompas.com telah mengurutkan tujuh patung tertinggi di dunia seperti di bawah ini:

1. Spring Temple Buddha - CINA 

Dibangun sekitaran tahun 1997 hingga 2008, patung ini memiliki tinggi setinggi 153 meter.

Terletak di Lushan, Henan, Cina, bobotnya mencapai 1000 ton dan terbuat dari 1100 keping tembaga.

2. Garuda Wisnu Kencana - INDONESIA

Patung agung yang diprakarsai oleh Nyoman Nuarta bersama mantan menteri pariwisata, pos dan telekomunikasi Joop Ave. Pengembangannya dimulai pada tahun 1997 dan saat ini telah mencapai 70% penyelesaian.

Dibuat setinggi 121 meter, GWK dibuat dari bahan-bahan impor dari beberapa negara seperti Jepang, Eropa, dan Amerika Latin.

3. The Laykyun Sekkya Buddha - MYANMAR 

Dengan ketinggian setinggi 116 meter, patung di Myanmar ini unik dikarenakan sesungguhnya terdiri dari dua buah patung: sebuah patung berdiri dan yang lainnya berbaring, yang menjadikannya destinasi menarik yang cukup populer di kalangan wisatawan lokal dan mancanegara.

4. Ushiku Daibutsu - JEPANG

 

デカ! #ushikudaibutsu #ushiku #japan #japantrip #travel #bhudda #mycity

A post shared by Hiromu (@th1dom2mki) on

Terletak di Ushiku, Ibaraki Prefecture, Jepang, patung Amida Nyorai atau dikenal dengan nama Sansekertanya -Amitabha- terbuat dari perunggu.

Selesai dibangun pada tahun 1993, patung ini memiliki lift yang dapat membawa pengunjung naik ke dek observasi di ketinggian 85 meter.

5. Patung Liberty - AMERIKA SERIKAT

 

#statueofliberty

A post shared by Luis Erik Garcia Trujillo (@luiserikgt) on

Patung setinggi 93 meter yang berlokasi di New York, Amerika Serikat ini mungkin patung paling populer di kalangan wisatawan.

Dibangun sebagai simbol kebebasan dan demokrasi, selesai dibangun pada tahun 1886 dan dideklarasikan sebagai monumen nasional pada 1924.

6. The Motherland Calls - RUSIA

Berdiri setinggi 85 meter, patung ini merupakan figur seorang wanita sedang mengayunkan pedang.

Disebut-sebut sebagai patung tertinggi di Rusia dan Eropa, dibangun untuk mengingat perjuangan yang dilakukan oleh tentara Soviet dalam perang Stalingrad di PD II.

7. Christ the Redeemer - BRAZIL

 

Rio, one of the most beautiful cities I’ve ever been to!

A post shared by Millionaire in Progress... (@a_millionaire_in_progress) on

Ikon pariwisata Rio de Janeiro, Brazil, patung setinggi 30 meter dengan lengan terbuka selebar 28 meter berfungsi sebagai simbol Kristiani seluruh dunia.

Terdaftar sebagai satu dari 7 Keajaiban Dunia Baru, terbuat dari kerangka beton dilapisi dengan mosaik soapstone dari ribuan ubin segitiga.


Sumber: Seasia.co

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu