Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia. Maka tidak heran jika negara yang terkenal memiliki pelaut andal kebanggaan kita ini mendeklarasikan sebagai negara maritim dan bertekad untuk menjadi negara maritim terbesar di dunia. 

Namun tidak banyak yang memahami, mengapa Indonesia layak untuk mengemban atau mengusung gelar yang megah tersebut. Di hari kelautan dunia ini, GNFI pun berusaha menghimpun fakta-fakta mengapa lautan Indonesia sangat layak untuk dibanggakan. Berikut adalah 7 fakta menarik tentang laut Indonesia.

 

A post shared by Good News From Indonesia (@gnfi) on

1. Luas wilayah laut Indonesia adalah luas lautan nya 5.076.800 kilometer persegi luas daratannya 1.904.569 kilometer persegi. Itu artinya 2/3 luas Indonesia adalah lautan.

2. Pulau di Indonesia berjumlah 17.504 pulau berdasarkan data Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia. Sementara 16.056 diantaranya telah didaftarkan dan disahkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa. Jumlah ini membuat Indonesia menjadi negara keempat dunia yang memiliki pulau terbanyak setelah Swedia, Finlandia dan Kanada. 

3. Garis pantai Indonesia membentang hingga 99.093 kilometer berdasarkan data Badan Informasi Geospasial Indonesia. Panjang ini menempatkan Indonesia sebagai negara dengan garis pantai terpanjang di dunia setelah Kanada. 

4. Laut Indonesia menjadi rumah dan jalur raya bagi 87 jenis mamalia laut. Di dalamnya termasuk kelompok paus, lumba-lumba dan dugong. Mamalia terbesar di bumi, Paus Biru juga berada di Indonesia. 

 

A post shared by Ocean Alliance (@oceanalliance) on

5. Selain mamalia, Indonesia juga menjadi pusat hidup bagi spesies elasmobranch atau ikan bertulang lunak seperti ikan hiu dan pari. Ada 596 jenis hiu dan pari, 157 diantaranya berada di Indonesia. Diantara ratusan jenis tersebut, Hiu Paus (Rhicodon typus) sebagai spesies ikan terbesar di dunia dan Pari Manta (Manta birostris) sebagai spesies pari terbesar di dunia berada di Indonesia. Keduanya diketahui berkembang biak di wilayah Papua seperti Raja Ampat. 

6.  Indonesia juga menjadi habitat penting bagi spesies penyu. 6 dari 7 penyu dunia ternyata berada di Indonesia. Garis pantai Indonesia yang sangat luas membuat spesies penyu banyak ditemukan berkembang biak di Indonesia. 

 

A post shared by Sea Turtles (@turtletrend) on

7. Indonesia produsen komoditas kelautan terbesar kedua di dunia dengan jumlah 6 juta ton pada tahun 2016, mengungguli Amerika Serikat, Rusia dan Jepang.


Dengan mengetahui hal-hal yang membanggakan tentang laut Indonesia. Kawan akan bisa turut menjaga dan melestarikan kekayaan utama milik bangsa Indonesia. Bagaimana? Masih ragu dengan kehebatan laut Indonesia?

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu