Buat Yang Mudik ke Jawa, Jangan Lupa Coba Berbagai Macam Es Dawet ini! (Part II)

Buat Yang Mudik ke Jawa, Jangan Lupa Coba Berbagai Macam Es Dawet ini! (Part II)
info gambar utama

Momen mudik adalah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh para perantau. Mudik sudah menjadi sebuah keharusan ketika lebaran tiba. Pulang ke Kampung halaman hanya beberapa hari membuat kita harus memadatkan jadwal acara yang harus kita lakukan. Ketika mudik juga banyak orang yang menyempatkan berwisata kuliner atau sekedar mencoba kuliner yang jarang dijumpai di rantau.

Menjelang mudik, biasanya orang-orang sudah mengantongi referensi kuliner di daerah yang yang akan dilewati, atau mungkin akan dikunjungi saat Lebaran nanti. Salah satunya, Es Dawet. Beberapa daerah di Pulau Jawa, minuman ini sering kita dijumpai. Dan ternyata, di masing-masing daerah, meski terlihat sama, es dawet memiliki perbedaan disetiap daerah. Berikut adalah perbedaan jenis Es Dawet di Jawa.

4. Dawet Mawar Banyuwangi

sumber : primarasa
info gambar

Dawet Mawar Banyuwangi dapat ditemui di daerah Banyuwangi, Jawa Timur. Dawet ini berbeda dengan dawet lainnya, dawet ini berwarna merah muda, terbuat dari campuran sari bunga mawar segar. Tri Krisbiantara, adalah pencetus ide terciptanya Dawet Mawar ini. Dawetnya terbuat dari dari tepung maizena, yang saat pemasakannya dicampur dengan sari mawar asli, sehingga tercipta aroma dan warna cendol tersebut asli dari bunga mawar. Dawet Mawar disajikan seperti dawet kebanyakan, yaitu dengan kuah santan dan gula merah. Penyajian dengan es batu akan menambah kenikmatan Es Dawet Mawar ini.

5. Dawet Ayu Banjarnegara

sumber : trpadvisor
info gambar

DawetayukhasBanjarnegara terbuat dari tepung beras. Disajikan dengan air santan dan gula kelapa. Dawetnya yang berwarna hijauberasal dari daunpandan. Selainitu, buah nangka biasanya ditambahkan saat penyajian sehingga menambah kenikmatan rasa dawetayu ini. Parapenjualdawetayu ini punyagerobak yang khas dan patungkayuSemar-Gareng.

6. Dawet Durian Semarang

sumber : wisata tempatku
info gambar

Dawet ini terbuat dari tepung maizena yang direbus hingga berbentuk seperti mi dan memiliki bentuk dan tekstur yang kenyal. warna dawetnya bening. Mbah Busron, adalah salah satu penjual es dawet durian yang sudah terkenal yang dapat kawan GNFI temui di kawasan Kota Lama Semarang, Jawa Tengah. Es dawet ini disajikan di sebuah mangkuk, satu biji durian yang memiliki daging yang tebal, lalu diberi dawet dan es serut. Setelah itu, ditambahkan santan dan gula merah. Rasa manis dari dawet ini sangat pas.

Sumber : Kompas, Kaskus, wisata tempatku, tripadvisor, primarasa

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini