Menteri Luar Negeri RI Retno L.P. Marsudi mengatakan Indonesia dan Finlandia telah mencapai peningkatan yang sangat signifikan dalam hubungan bilateral pada tahun 2017. Pernyataan tersebut disampaikan Menlu RI dalam pertemuan bilateral dengan Menlu Finlandia Timo Soini di Helsinki, Finlandia.

"Perdagangan bilateral RI dan Finlandia pada tahun 2017 mengalami peningkatan sebesar 66%," kata Menteri Retno dalam keterangan pers Kementerian Luar Negeri di Jakarta, Rabu (20/6/2018), dikutip OkezoneFinance.

Mengenai ekspor Indonesia, secara khusus Menlu Retno menyinggung mengenai makin meningkatnya ekspor kopi Indonesia ke Finlandia. Beraneka biji kopi dari berbagai daerah di Indonesia dapat diperoleh di berbagai supermarket di Finlandia.

Pertemuan bilateral Menlu RI Retno Marsudi (kiri) dan Menlu Finlandia Timo Soini di Helsinki  (18/6). Foto: Kemlu RI
Pertemuan bilateral Menlu RI Retno Marsudi (kiri) dan Menlu Finlandia Timo Soini di Helsinki (18/6). Foto: Kemlu RI

"Paling sedikit terdapat 16 jenis kopi Indonesia yang sudah masuk ke pasar Finlandia," kata dia.

Sementara angka wisatawan Finlandia yang datang ke Indonesia juga meningkat hingga lebih dari 21%.

Selain itu, maskapai penerbangan Finnair juga sudah melakukan penerbangan langsung dari Helsinki ke Bali. menurut Retno, ada satu kerjasama baru yang telah disepakati yaitu di bidang interfaith dialogue, yang rencananya akan mengadakan pertemuan pada September 2018 nanti. 

Gatra melaporkan, dalam pertemuan tersebut, kedua pihak juga sepakat untuk meningkatkan kerjasama dalam 3 bidang, yaitu: kehutanan, energi terbarukan serta pendidikan dan ilmu pengetahuan. Termasuk mengenai isu kelapa sawit yang mendapat diskriminasi dari Uni Eropa. 

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu