2.540 Wisatawan Polandia Liburan ke Indonesia Naik Pesawat Charter


2.540 Wisatawan Polandia Liburan ke Indonesia Naik Pesawat Charter

info gambar utama

Rombongan pertama 254 wisatawan mancanegara (wisman) asal Polandia tiba di Denpasar, Bali, dengan pesawat charter LOT Polish Airline pada Senin (25/6/2018). Para wisatawan mancanegara tersebut disambut Kementerian Pariwisata (Kemenpar) di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali.

Wakil Menteri Luar Negeri RI, A.M Fachir; Duta Besar RI untuk Polandia, H.E. Peter F Gontha; serta Duta Besar Polandia untuk Indonesia, H. E. Beata Stoczyska ikut menyambut.

Asdep Pengembangan Pemasaran II Regional IV (Eropa) Kemenpar, Agustini Rahayu, seusai menyambut di Bandara I Gusti Ngurah Rai mengatakan total keseluruhan wisman asal Polandia yang akan datang berjumlah 2.540 orang.

Foto: detik.com
info gambar

“Rombongan yang tiba hari ini merupakan grup pertama dari total 10 grup yang akan datang dan berlibur ke Indonesia. Total keseluruhan wisman asal Polandia yang akan datang dengan pesawat LOT Polish Airline ini total 2.540 wisman sampai Oktober 2018," kata Agustuni pada Kompas.com.

“Kemenpar sangat mengapresiasi bentuk kerjasama ini. Kerjasama ini tentunya berdampak positif dalam upaya pencapaian target kunjungan wisman ke Indonesia,” kata Agustini.

Selain itu, imbasnya pun juga pasti merambah pada sektor perekonomian. Pasalnya selain jumlah kedatangan yang besar, lama tinggal mereka pun cukup panjang. Agustini mengatakan, setiap kelompok wisman Polandia akan berlibur di Indonesia selama 14 hari.

Foto: Fajar.co.id
info gambar

“Kemampuan spending wisatawan Eropa cukup besar. Kedatangan mereka tentunya menguntungkan perekonomian. Bukan hanya pihak hotel saja yang untung, sektor kuliner, sektor transportasi, bahkan UMKM yang menjual souvenir akan kebagian manfaatnya. Untuk itu kami terus berusaha melebarkan sayap ke negara-negara Eropa lainnya,” terang Agustini.

Dilaporkan Fajar.co.id, berkaca pada angka statistik Kemenpar, wisatawan asal Eropa menyumbang sekitar 1.862.231 wisatawan sepanjang 2017.

Angka tersebut diprediksi terkatrol positif di tahun 2018. Pasalnya larangan terbang atas maskapai nasional kini juga telah dihapus. Artinya pasar wisatawan Eropa kini semakin terbuka untuk dieksplorasi lebih dalam lagi.

Agustini Rahayu, Asdep Pengembangan Pemasaran II Regional IV (Eropa) Kemenpar, di dampingi Dubes RI untuk Polandia, Peter F Gontha, Wakil Menteri Luar Negeri RI, A.M Fachir dan Duta Besar Polandia untuk Indonesia, H. E. Beata Stoczyńska ( ke tiga dari kiri). Foto: bisniswisata.co.id
info gambar

Menteri Pariwisata Arief Yahya sangat mengapresiasi program tersebut. Menurutnya program tersebut sangat tepat sasaran. Bali yang telah mendunia, dijadikan pintu masuk wisatawan mancanegara. Kemudian, para turis diperkenalkan dengan destinasi lain di Indonesia.

“Ini cara pintar. Jadi nanti sebisa mungkin wisatawan Polandia ini diperkenalkan dengan destinasi lain di Indonesia. Mungkin nantinya tidak langsung datang, tetapi pada kunjungan selanjutnya,” ujarnya.

Menpar juga menambahkan sambutan ini juga merupakan cara efektif untuk mengangkat pariwisata Indonesia. Dengan sambutan hangat para wisatawan ini makin betah berlibur ke Indonesia. Sehingga cerita ini akan mereka bawa pulang dan diceritakan kepada kolega mereka di Polandia.


Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini