Membanggakan! Mahasiswa STP Bali Juarai Lomba Video Essay FITE 2018

Membanggakan! Mahasiswa STP Bali Juarai Lomba Video Essay FITE 2018
info gambar utama

Kembali membanggakan, mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bali berhasil menjadi juara dalam lomba video essay di ajang Forum for International Tourism and the Environment (FITE) 2018 Student Competition.

Keberhasilan tersebut didapat setelah mahasiswa STP Bali mengalahkan 100 mahasiswa asal Indonesia dan Prancis di ajang FITE yang dilaksanakan di STP Nusa Dusa Bali, 22 Juni lalu.

Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bali melalui Indopos menyampaikan bahwa pada kesempatan tersebut para peserta dituntut untuk mengaitkan bidang pariwisata berkelanjutan dengan warisan budaya. Hal tersebut sesuai dengan penetapan tahun 2018 sebagai tahun warisan budaya pertama oleh Uni Eropa.

Berlangsungnya kompetisi tersebut pun dapat dikatakan sengit. 10 finalis mendapat 1 hari sesi pembekalan. Salah satunya untuk mempersiapkan presentasi dan retorika di sesi final. Masing-masing peserta dibantu oleh belasan peneliti muda yang berasal dari International Institute of Tourisme, George Washington University, yang juga merupakan mitra program FITE 2018.

Mahasiswa STP Bali Berhasil Menjuarai Ajang FITE 2018
info gambar

Melalui pertarungan tersebut kemudian terpilihlah 3 pemenang FITE 2018 yang salah satunya berasal dari STP Bali atas nama Merrie Agustine. Para pemenang tersebut mendapat hadiah dari IFI-Kedutaan Besar Prancis berupa pelatihan pariwisata musim panas selama 1 minggu di University of Angers.

Kemenangan mahasiwa asal STP Bali tersebut disebabkan keberhasilannya dalam memaparkan contoh-contoh warisan budaya seperti halnya kuliner nusantara atau makanan tradisional khas daerah.

Lebih lagi, Menteri Pariwisata Republik Indonesia turut mengapresiasi ajang FITE sebagai bentuk sinergi dari program kemitraan Institus Français, Kedutaan Besar Perancis di Indonesia, dan Kementerian Pariwisata Indonesia, yang juga didukung oleh The George Washington University. Oleh sebab itu, di zaman demikian Menpar menyatakan jika budaya wirausaha bagi mahasiswa dan dosen memang harus lebih ditingkatkan.

Harapannya melalui kompetisi ini dapat menumbuhkan kemampuan mahasiswa pariwisata di Indonesia dalam berwirausaha. Jayalah pariwisata Indonesia!


Sumber: Indopos

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini