Proyek Sistem Penyediaan Air Minum di Pekanbaru Progresnya Positif.

Proyek Sistem Penyediaan Air Minum di Pekanbaru Progresnya Positif.

Foto : inovasee.com

Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Pekanbaru merupakan salah satu proyek yang progresnya positif ditahun 2018 ini. Nyatanya, seperti yang dilansir dari industri.bisnis.com, saat ini proyek tersebut mempunyai banyak peminat investor. Meskipun penawaran proyek ini masih akan dimulai agustus mendatang, tetapi Ketua Tim Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) SPAM Pekanbaru Muhammad Suhandi mengatakan saat ini sudah ada 14 perusahaan yang berminat.

Proyek yang baru masuk dalam tahap penyusunan kajian akhir prastudi kelayakan atau final business case ini rencananya akan menggabungkan rehabilitasi dan pembangunan jaringan baru. Investor akan ditawarkan untuk merehabilitasi jaringan yang sudah ada dengan kapasitas 500 liter per detik. Lalu membuat jaringan baru dengan kapasitas 250 liter per detik. Pembangunan nantinya akan dilakukan lewat skema build, operate & transfer (BOT). Dengan jangka waktu kerja sama selama 25 tahun ditambah masa konstruksi selama 2 tahun.

Bersumber dari aliran Sungai Siak, proyek ini merupakan bagian dari upaya Kementerian Pekerjaan Umun & Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mencapai target 100% tersedianya akses air bersih pada 2019. Diharapkan, sebanyak 62.000 sambungan rumah bisa dilayani di Pekanbaru dengan estimasi penyerapan penuh pada tahun 2028. Hal ini mengingat ibukota provinsi Riau ini sedang aktif melakukan pembangunan fisik sehingga berdampak pada kualitas air tanah yang terkontaminasi karena implikasi terhadap penggunaan lahan dan kepadatan penduduk.

Direktur Pengembangan SPAM, Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Muhammad Sundoro menyatakan bahwa dengan adanya pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum diharapkan bisa mengatasi kendala minimnya pasokan air untuk beberapa wilayah di Pekanbaru.

Sebagaimana data yang diambil dari lintas.pu.go.id, proyek ini rencananya akan melayani 6 area kecamatan yang berada di Pekanbaru, area tersebut meliputi Pekanbaru Kota, Lima Puluh, Sukajadi, Sail, Senapelan, dan Payung Sekaki.

Dengan kemajuan progres dari pembangunan SPAM ini, semoga upaya dari Kementerian PUPR mencapai target 100% akses air bersih untuk seluruh Indonesia dapat dilaksanakan dengan lancar dan selalu mendapatkan progres yang positif demi kemajuan Indonesia.

Sumber : industri.bisnis.com, lintas.pu.go.id

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Bandara Internasional Akan Dibangun di Kediri Sebelummnya

Bandara Internasional Akan Dibangun di Kediri

Mengenal Lebih Dekat P2P Lending dan Fintech di Indonesia Selanjutnya

Mengenal Lebih Dekat P2P Lending dan Fintech di Indonesia

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.