Belajar Lagi Yuk Sejarah dan Tujuan Peringatan Hari Anak Nasional!

Belajar Lagi Yuk Sejarah dan Tujuan Peringatan Hari Anak Nasional!
info gambar utama

Hari ini adalah peringatan Hari Anak Nasional. Banyak sekali acara yang memanfaatkan momen ini untuk ikut meramaikan peringatan ini. Mungkin tak banyak orang tahu tentang sejarah dan memahami arti dari peringatan Hari Anak Nasional itu sendiri.

Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli pada setiap tahunnya. Peringatan ini ternyata memiliki tujuan yang besar, utamanya yaitu menghormati hak-hak anak di Indonesia.

Sejarah Awal Mula Hari Anak Nasional di Indonesia

Awalnya, gagasan untuk dibuatnya Hari Anak Nasional itu dari Mantan Presiden Republik Indonesia ke-2, yaitu bapak Soeharto.

Saat itu beliau melihat anak-anak sebagai aset kemajuan bangsa, sehingga dari tahun 1984 dengan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No 44 tahun 1984, ditetapkanlah setiap tanggal 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional (HAN). Kegiatan Hari Anak Nasional pun dilaksanakan dari tingkat pusat sampai tingkat daerah.

Untuk menunjang kesejahteraan serta melindungi hak anak

Selanjutnya untuk menunjang Kesejahteraan anak dan melindungi hak-hak anak-anak, Sebenarnya secara hukum dan perundangan sudah banyak hal telah dilakukan oleh negara, diantaranya seperti :

  1. Telah dibentuknya UU Nomor 4 tahun 1979 tentang Kesejahteraan Anak yang memuat berbagai ketentuan tentang masalah anak di Indonesia.
  2. Instruksi Presiden No. 2 tahun 1989 telah ditetapkan tentang Pembinaan Kesejahteraan Anak sebagai landasan hukum terciptanya Dasawarsa Anak Indonesia 1 pada tahun 1986-1996 dan Dasawarsa Anak II pada tahun 1996-2006.
  3. Dibentuknya Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).
  4. Pada Kabinet Indonesia bersatu jilid kedua, Presiden Republik Indonesia (Susilo Bambang Yudhoyono) mengganti nama Kementerian Pemberdayaan Perempuan menjadi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Dengan harapan masalah anak menjadi lebih intens dan fokus untuk diperhatikan dan ditangani.

Apa saja Tujuan dibuatnya peringatan Hari Anak Nasional?

Ternyata peringatan Hari Anak Nasional memiliki tujuan juga. Tidak dikhususkan untuk orang dewasa, namun juga meningkatkan kesadaran pada si Anak akan hak, kewajiban, dan tanggungjawabnya kepada orangtua, masyarakat, lingkungan, serta kepada bangsa dan negara.

Peringatan Hari Anak Nasional juga merupakan kesempatan untuk terus mengajak seluruh komponen warga atau bangsa Indonesia, baik itu orangtua, keluarga, masyarakat termasuk dunia usaha, maupun pemerintah dan negara, untuk melaksanakan kewajiban dan tanggung jawabnya sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 yaitu tentang Perlindungan Anak. Isi di dalam Undang-undang No. 23 Tahun 2002 tersebut adalah melakukan upaya perlindungan dan mewujudkan kesejahteraan anak dengan memberikan jaminan terhadap pemenuhan hak-haknya dan perlakuan tanpa diskriminasi.

Selain itu, ada beberapa prinsip dasar konvensi hak-hak anak, yaitu non diskriminasi, kepentingan yang terbaik bagi anak, hak untuk hidup, kelangsungan hidup dan perkembangan anak, penghargaan terhadap pendapat anak dan hak anak dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Sumber : RilisID

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

FZ
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini