Digital Vanguard, Peralatan Canggih Siap Amankan Asian Games 2018

Digital Vanguard, Peralatan Canggih Siap Amankan Asian Games 2018
info gambar utama

Perhelatan pesta olahraga terbesar kini tengah menjadi perhatian pemerintah. Pembangunan infrastruktur inti dan penunjang Asian Games 2018 terus dikebut penyelesaiannya. Jakarta dan Palembang yang menjadi tuan rumah disibukkan dengan persiapan tersebut.

Tak hanya persiapan infrastruktur lomba yang terus dikerjakan pemerintah. Kesiapan pengamanan event empat tahunan itu juga tak luput dari perhatian. Baru – baru ini robot pelacak bahan peledak milik Detasemen Gegana Polda Sulawesi Selatan disiapkan untuk membantu pengamanan di arena Asian Games. Robot ini dirancang khusus untuk mendeteksi lokasi – lokasi hingga benda – benda mencurigakan yang berpotensi mengganggu perlaksanaan Asian Games 2018.

Robot pelacak ini dikirim untuk memudahkan anggota kepolisian dalam melaksanakan tugas. Hal ini dilakukan karena tak jarang terdapat tempat – tempat yang sulit dijangkau manusia. Sehingga dengan bantuan teknologi akan memudahkan petugas dan mengurangi resiko bagi anggota kepolisian dan masyarakat.

Robot senilai dua miliar ini juga diberangkatkan bersamaan dengan sejumlah peralatan canggih lainnya. Peralatan ini meliputi lance disrupter yang merupakan alat pengurai bom. Bomb disposal yang memiliki fungsi sebagai penghancur bom. Baju proteksi sebagai pelindung bagi personil KBR (kimia, biologi, radioaktif). Dan ifex atau alat semprot bahan kimia. Senjata laras panjang dan peralatan lainnya juga dibawa oleh anggota kepolisian yang bertugas.

Pengiriman peralatan canggih senilai miliaran rupiah ini juga dibarengi oleh penugasan personil khusus dengan keahlian yang mumpuni. Tim yang berjumlah sepukuh orang ini antara lain personel Kimia, Biologi dan Radioaktif, perlawanan teror (wanteror), penjinak bahan peledak, serta tim Bantis atau bantuan teknis.

Sangat wajar jika personil dan peralatan dikerahkan secara maksimal. Mengingat Asian Games merupakan pesta olahraga terbesar Asia. Melibatkan ribuan orang. Dan menjadi pusat perhatian. Indonesia tak mau kecolongan yang nantinya bisa mencoreng nama baik Indonesia. Karena Asian Games bukan hanya sekedar pesta olahraga, tetapi juga sebagai ajang promosi bagi pariwisata Indonesia.

Salut Kepolisian Indonesia!


Sumber: Jawapos.com | Asiangames2018.id | merdeka.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini