Generasi Muda Indonesia Dari Berbagai Komponen Akan Berkumpul Dalam Suatu Wadah

Generasi Muda Indonesia Dari Berbagai Komponen Akan Berkumpul Dalam Suatu Wadah

Ilustrasi Conference Indonesian Youth Diaspora © Sumber: Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman

Generasi muda Indonesia dari berbagai komponen: pemuda cemerlang dari 34 provinsi dan juga dari berbagai kabupaten dan kota, pemuda Diaspora Indonesia berprestasi dari berbagai kota dunia, serta perwakilan pemuda dari berbagai ormas kepemudaan, Perguruan Tinggi, dan juga lembaga pemuda. Konferensi ini bersifat independen, non-politis, dan non-partisan akan bertemu dalam Conference of Indonesian Diaspora Youth (CIDY) : Merancang Visi Indonesia 2045, yang akan digelar di Jakarta tanggal 13 - 15 Agustus 2018.

Next gen Indonesia youth diaspora | Sumber: e27
Next gen Indonesia youth diaspora | Sumber: e27

Konferensi ini diselenggarakan oleh berbagai komponen, yaitu : Indonesian Diaspora Network Global (IDN-Global), Perhimpunan Pelajar Indonesia se-Dunia (PPI Dunia), Asosiasi Dosen Indonesia (ADI), Forum Rektor Indonesia (FRI), Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Purna Paskibraka Indonesia serta juga dengan sejumlah lembaga Pemerintah, yaitu Kementerian Luar Negeri, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Pertemuan ini memiliki tujuan utama untuk memberikan ruang rembuk bagi pemuda-pemuda Indonesia untuk membahas berbagai tantangan bangsa dewasa ini dan ke depan. Lebih penting lagi, mereka akan mencoba merumuskan wujud aspirasi 100 tahun Republik Indonesia –yang dinamakan Visi 2045. Hasil dari Visi Indonesia 2045 ini kelak akan disampaikan secara resmi kepada Presiden Indonesia, kepada Ketua MPR, Ketua DPR, semua Pimpinan Daerah Indonesia, dan semua Perguruan Tinggi di Indonesia dan seluruh komunitas Diaspora Indonesia.

Chairman IDN Global Dr. Dino Patti Djalal menyatakan : "Visi Indonesia 2045 dimaksudkan bukan menjadi makalah akademik namun menjadi naskah nation-building yang dapat membantu memetakan arah jangka panjang perjalanan bangsa Indonesia untuk 1 generasi ke depan. Kita sekarang memasuki era ‘nation-building 4.0’. Seperti yang diketahui, ‘nation- building 1.0’ berbicara mengenai kemerdekaan, ‘2.0’ mengenai pembangunan, sementara ‘3.0’ mengenai demokrasi. Sekarang, giliran generasi 2045 yang harus memikirkan apa nyawa dari ‘nation-building 4.0’.”

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Sumber: Istimewa

Visi Indonesia 2045 dimaksudkan sebagai suatu proyek nation-building yang kontributif terhadap perjalanan bangsa kita. Sebagaimana diketahui, Sumpah Pemuda 1928 (27-28 Oktober) menyatukan ratusan pemuda dari berbagai daerah di Nusantara berkumpul di kota Batavia (sekarang Jakarta) dan merumuskan 3 visi mengenai masa depan bangsa yang terjajah. Visi Sumpah Pemuda tersebut kemudian menjiwai perjalanan bangsa Indonesia untuk seluruh abad-20. Ketiga visi tersebut -- Satu Tanah Air, Satu Bangsa, Satu Bahasa -- telah tercapai.

Kini, di abad ke-21, generasi muda tertantang untuk merancang suatu Visi Indonesia ke depan yang dapat menjadi bahan acuan perjalanan bangsa di abad ini, sebagaimana Sumpah Pemuda 1928 menjadi acuan bagi generasi-generasi berikutnya. Misi inilah yang akan diemban oleh para peserta Konferensi Pemuda Indonesia dalam merancang “Visi Indonesia 2045".

Pilih BanggaBangga50%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi50%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Tim Redaksi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Penyanyi Berhijab Ini Masuk Dalam Daftar 10 Musisi Terbaik Versi Asiana Circus Sebelummnya

Penyanyi Berhijab Ini Masuk Dalam Daftar 10 Musisi Terbaik Versi Asiana Circus

Kupang-Dili Kini Terhubungan Penerbangan Langsung Selanjutnya

Kupang-Dili Kini Terhubungan Penerbangan Langsung

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.