Dua mahasiswa Indonesia meraih juara pada event kompetisi antar-pemuda ASEAN. Dua mahasiswa tersebut adalah Adi Wisnu Nugroho dari Universitas Airlangga dan Christella Finisianti, mahasiswi Universitas Indonesia. Mereka masing-masing menjadi juara desain logo dan lomba pidato antar-pemuda ASEAN.

Dok. KBRI Bandar Seri Begawan
Dok. KBRI Bandar Seri Begawan

Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga, Adi, berhasil memenangkan kompetisi desain logo ASEAN+3 University Network (AUN). Desainnya mengalahkan lebih dari 150 desain yang dibuat oleh 93 mahasiswa dari sembilan negara. Di hadapan 93 rektor dan akademisi dari 43 universitas di ASEAN+3, Adi menjelaskan bahwa desainnya yang berbentuk korteks merupakan visualisasi dari sifat dinamis AUN. 

"Warna dan bentuk desain saya melambangkan harapan agar AUN dapat melanjutkan kerja sama melalui komunikasi, pendidikan dan kemitraan yang harmonis," kata Adi saat menerima piala dan hadiah dari Choltis Dhirathiti, Direktur Eksekutif AUN di acara the ASEAN+3 Rectors' Conference di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, Kamis 26 Juli 2018, yang dikutip dari laman CNN Indonesia. Karyanya akan menjadi emblem resmi yang akan digunakan AUN dan tercetak pada bendera yang akan dikibarkan dalam setiap kegiatan AUN.

Juara Pidato Pemuda ASEAN.

Christella menerima penghargaan sebagai Delegasi Terbaik pada The 18th AUN and 7th ASEAN+3 Educational Forum and Young Speakers' Contest. Ia sukses mengalahkan puluhan pesaingnya dari 10 negara ASEAN+3. kontes tersebut berlangsung pada tanggal 1 - 5 Mei di Universitas Indonesia. 

"Saya merasa sangat bangga bisa hadir di sini mewakili Indonesia," kata Christella ketika ditanya tentang perasaannya menerima penghargaan seperti disampaikan dalam rilis dari KBRI Bandar Seri Begawan yang dikutip dari CNNIndonesia

"Tidak perlu takut berkompetisi di kancah internasional,"  kata Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam, Sujatmiko mendorong generasi muda di Indonesia untuk berkompetisi di ajang internasional.

Sumber : CNN Indonesia, KBRI Bandar Seri Begawan, Brunei

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu