Kuliner Unik Yang Wajib Dicoba Jika Berkunjung ke Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

Kuliner Unik Yang Wajib Dicoba Jika Berkunjung ke Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.
info gambar utama

Pulau Flores dibagi menjadi beberapa kabupaten yang memiliki makanan khas yang berbeda - beda, namun ada dua macam makanan khas yang menjadi andalan dan patut dicicipi teman-teman pembaca jikalau berkunjung ke Flores. Dua makanan khas tersebut merupakan hasil alam yang diolah dengan cara tradisional oleh masyarakat setempat.

Makanan khas pertama yang merupakan kuliner favorit dan ikonik dari pulau Flores adalah jagung titi. Kenapa disebut jagung titi? sebutan jagung titi diambil dari kata titi yang berarti "menggepengkan" dalam bahasa Indonesia.

Gambar Jagung titi.

Cara pembuatan jagung titi pun masih sangat tradisional, alat yang digunakan untuk mengolah jagung tersebut hanya menggunakan batu. Rasa dari jagung titi sangat unik, tak ada rasa manis, asin maupun pahit. Namun kerenyahan jagung titi tersebut yang membuat mulut para pencicipnya tak mau berhenti mengunyah. Jagung titi paling mantap kalau disajikan bersama kopi sambil melihat panorama pantai di pesisir pulau Flores guys.

Kuliner khas kedua dari pulau Flores adalah Rumpu - rampe. kuliner ini bisa dibilang salad ala Flores, keseluruhan bahan olahannya adalah sayur-sayuran seperti: jantung pisang, daun singkong, serta daun dan bunga pepaya. meskipun bahannya terlihat sederhana namun rasanya sangat nikmat dan menggugah selera loh guys.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Gambar Rumpu-rampe

Rumpu-rampe awalnya terasa sedikit pahit di lidah namun lama kelamaan rasa pahit tersebut akan hilang dan menghasilkan varian rasa yang unik. Jadi tak selamanya yang pahit itu menyakitkan dan tak enak ya guys hehe.

demikian informasi dari saya tentang kuliner andalan pulau Flores, jika suatu saat teman-teman pembaca mengunjungi Flores jangan ragu untuk mencoba Jagung titi dan Rumpu-rampe sembari menikmati panorama indah pulau Flores.


Sumber:

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini