Hewan – hewan Endemik yang Menjadi Ikon Taman Nasional di Indonesia

Hewan – hewan Endemik yang Menjadi Ikon Taman Nasional di Indonesia
info gambar utama

Indonesia dikenal memiliki kekayaan alam yang melimpah. Keberadaan satwa di alam Indonesia merupakan daya tarik bagi wisatawan. Bahkan ada hewan yang hanya bisa ditemui di Indonesia. Hewan endemik di Indonesia telah dikenal dunia.

Hewan – hewan endemik ini kemudian menjadi ikon dari Taman Nasional tempatnya hidup. Berikut adalah hewan – hewannya :

  1. Komodo

Komodo merupakan spesies kadal terbesar di dunia. Komodo hidup di Pulau Komodo, Flores, Nusa Tenggara. Komodo disebut sebagai naga purba yang masih hidup hingga sekarang.

Sesuai dengan keberadaannya, tempat tinggal komodo dinamai Taman Nasional Komodo. Komodo bisa dijumpai dengan mudah di habitat aslinya. Meskipun telah biasa bertemu dengan manusia, pengunjung tetap harus waspada ketika berada di dekat komodo.

  1. Banteng Jawa

Banteng yang menjadi ikon Taman Nasional Baluran, SItubondo ini nyatanya tidak mudah ditemui. Pengunjung harus menjelajah ke dalam hutan bersama ranger untuk menemui hewan satu ini.

Tak hanya banteng yang hidup di Taman Nasional Baluran, ada burung merak, monyet, dan rusa yang bisa ditemui di sana. TN Baluran sendiri kini sedang naik daun lantaran keadaan alamnya yang eksotis.

  1. Badak Sunda

Keberadaan Badak Jawa hampir sama dengan Banteng di TN Baluran. Sulit untuk ditemui lantaran jumlahnya yang sedikit. Badak Jawa ini hidup dan menjadi ikon dari Taman Nasional Ujung Kulon, Banten.

TN Ujung Kulon ini dapat ditempuh 5 jam perjalanan dari Jakarta. Tak hanya badak sunda yang hidup disana. Beragam hewan berkeliaran dengan bebas di alam terbuka.

  1. Orang Utan

Tanjung Puting menjadikan orang utan sebagai ikonnya. Taman Nasional Tanjung Putting merupakan rumah bagi orang utan. Taman nasional yang diresmikan pada 1982 ini menjadi tempat rehabilitasi orang utan.

Di taman nasional ini terdapat tiga tempat rehabilitasi orang utan, yakni Tanjung Harapan, Pondok Tanggui, dan Camp Leakey. Di tempat itu wisatawan bisa melihat hewan endemik Kalimantan.

  1. Gajah

Binatang bertubuh besar ini adalah ikon dari Taman Nasional Way Kambas, Lampung. TN Way Kambas memang terkenal dengan gajahnya.

Di taman nasional itu terdapat penangkaran gajah yang diurus dengan baik. Letaknya di Lampung TImur. TN ini merupakan perwakilan ekosistem hutan dataran rendah. Terdapat rawa air tawar, padang savana, semak belukar, hutan dan pantai.


Sumber: travel.detik.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini