The Minions Menjemput Asa Asian Games 2018

The Minions Menjemput Asa Asian Games 2018
info gambar utama

KEVIN SANJAYA SUKAMULJO – MARCUS FERNALDI GIDEON

(Ganda Putra Bulutangkis, ranking 1 dunia)

Negara Indonesia terkenal di dunia dengan prestasi cabang olahraga bulutangkis. Bahkan hingga saat ini Indonesia masih termasuk tim negara yang disegani. Kini persaingan di cabang olahraga bulutangkis pada berbagai sektor, yaitu: tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran begitu ketat. Meski begitu, Indonesia masih bisa bernafas lega – kita sebagai gudang atlet bulutangkis hebat dan melegenda – tetap bisa menjaga asa prestasi turun menurun, yaitu di sektor ganda putra. Kita mempunyai pemain andalan ganda putra yakni Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon.

Kita – terutama pecinta bulutangkis – tahu bahwa Indonesia hampir selalu memiliki pemain andalan di sektor ganda putra turun menurun.

Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon yang biasa disebut “The Minions” ini sebenarnya baru dipasangkan sejak tahun 2015, namun kemudian prestasi mereka semakin menanjak seiring berjalannya kompetisi, hingga mengantar mereka bertengger di ranking 1 dunia. Mereka berdua bisa membuktikan bahwa postur tubuh tidak terlampau tinggi tapi prestasi bisa tinggi. Kecil-kecil cabe rawit, The Minions.

The Minions memiliki gaya permainan khas, terutama Kevin – Si Tengil – yang sering menyuguhkan aksi akrobatik dengan teknik dan skill kelas dewa. Dia juga dijuluki Si Tangan Petir karena begitu cepat mengantisipasi bola lalu mematikan lawan, terlebih lagi, dia bisa sangat menggila di depan net hingga membuat lawan mati langkah. Sedangkan Gideon – Si Kalem dan cool – menjadi partner solid yang bisa saling mengisi, saling pengertian dan bisa cepat untuk berotasi di lapangan. Mereka juga terkenal dengan placing-placing indah dan ajaib di luar dugaan lawan.

Kevin-Gideon juga berhasil memecahkan rekor ganda putra, bisa merebut gelar juara di 7 ajang superseries (pada tahun 2017 lalu). Terakhir sebelum The Minions adalah pasangan ganda putra Korea Selatan, Lee Yong Dae-Yoo Yeon Seong, berhasil memetik 6 gelar juara superseries dalam setahun.

The Minions juga masuk ke jajaran pemain-pemain bulutangkis ranking 1 dunia yang berhasil memperoleh poin BWF di atas 100.000 (poin 102.683 per 9 Agustus 2018, sumber dari www.bwfbadminton.com).

Deretan prestasi yang pernah mereka raih sejak mereka berpasangan (2015), yakni,

juara:

Chinese Taipei Master 2015

Malaysia Master 2016

India Open 2016

China Open 2016

All England Open 2017

Malaysia Open 2017

India Open 2017

Jepang Open 2017

China Open 2017

Hongkong Open 2017

BWF Superseries Final Dubai 2017

Indonesia Master 2018

All England Open 2018

India Open 2018

Indonesia Open 2018

runner up:

Korea Open 2017

Denmark Open 2017

Pemuda kelahiran Banyuwangi 2 Agustus 1995 ini awalnya memilih posisi tunggal putra, namun seiring berjalannya waktu pelatih menilai Kevin berpotensi di sektor ganda putra. Benar saja, presatasi Kevin melejit bersama Gideon kelahiran Jakarta 9 Maret 1990 itu. mereka berjodoh menjadi pasangan yang padu, satu persatu kompetisi besar mereka juarai hingga membawa mereka menjadi pemain ganda putra no.1 di dunia. Sebagai pemain unggulan pertama dunia dan memiliki jam terbang yang banyak, mental mereka juga sudah sering teruji bagus, sebab meski ketinggalan poin jauh, mereka bisa satu demi satu mendapatkan poin, hingga membalikkan keadaan, lalu menang. Kevin-Gideon sama-sama memiliki semangat juang begitu tinggi, pantang menyerah melawan lawan siapapun. Meski begitu, jagoan bukan berarti selalu menang tidak pernah kalah, sebab The Minions juga pernah beberapa kali mengalami kekalahan, namun dari situ membuat mereka terus belajar dan mengambil pelajaran untuk bekal pertandingan di kompetisi berikutnya.

Dengan mengacu prestasi-prestasi gemilang mereka yang mengharumkan nama bangsa, sudah sewajarnya negara pun juga berharap besar pada The Minions untuk dapat merebut medali emas di pergelaran Asian Games 2018 yang mana Indonesia-lah menjadi tuan rumahnya (diselenggarakan mulai 18 Agustus-2 September di Jakarta-Palembang).

Kita doakan bersama. Mari kita dukung atlet-atlet yang berjuang di Asian Games 2018. Semoga Indonesia banyak menyabet emas di tanah air! Aamiin.

“Kalau menang, berprestasi. Kalau kalah jangan frustasi. Kalau menang, solidaritas. Kita galang sportivitas.” (Via Valen – Meraih Bintang, theme song official Asian Games 2018)

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini