Bank Sentral Manakah yang Memiliki Jumlah Pengikut Twitter Terbanyak?

Bank Sentral Manakah yang Memiliki Jumlah Pengikut Twitter Terbanyak?
info gambar utama

Tidak lama setelah mengemban jabatannya, Ketua Federal Reserve Jerome Powell menekankan perlunya untuk mengkomunikasikan kebijakan moneter dengan lebih baik. Sesungguhnya ia dapat belajar beberapa hal dari Indonesia.

Bank Indonesia memiliki sekitar 644,000 pengikut di Twitter -- menjadikannya bank sentral dengan pengikut twitter terbanyak. Di antara cuitannya yang mencapai angka 14,500 tersebut terdapat informasi mengenai nilai tukar dan inflasi, hadiah dari kuis-kuis yang diadakannya, dan bahkan video berisikan penjelasan mengenai bagaimana caranya mengetahui uang palsu tanpa membuat mata sakit. Kunjungan oleh Direktur Pelaksana IMF, Christine Lagarde membanjiri postingan.

Juru Bicara Bank Indonesia, Agusman, seperti kebanyakan warga Indonesia yang hanya memiliki satu nama, menjelaskan bahwa pembuat peraturan menyadari bahwa penggunaan media sosial telah menjadi kebutuhan dengan kenyataan jumlah milenial yang besar di Indonesia.

Sumber: Seasia.co
info gambar

"Dengan media sosial, kami dapat menjembatani jarak komunikasi juga dapat berkomunikasi dengan mudah," jelasnya. Bank Indonesia memiliki komitmen untuk terus meningkatkan kontennya hingga lebih "menarik dan mudah untuk dibagikan ulang" dan "lebih penting untuk menjadikannya viral".

Oleh karena itu, semua ini tidak hanya mengenai hitungan jumlah klik.

Media sosial merupakan cara yang efisien untuk berkomunikasi dengan penduduk Indonesia yang jumlahnya lebih dari 260 juta dan tersebar di seluruh penjuru nusantara dengan ribuan pulau yang jika dibandingkan dapat membawa kita dari New York ke London.

Dan komunikasi aktif Bank Indonesia ini mencerminkan pendekatan langsung yang melihat stafnya bekerja dengan polisi untuk menyelesaikan kasus kartel cabai di kota minyak Balikpapan.

Akun Twitter Bank Indonesia | Sumber: Twitter
info gambar

Penduduk Indonesia merupakan pengguna aktif media sosial. Pengguna Twitter di Indonesia yang jumlahnya lebih dari 24 juta (dari jumlah akun Twitter) tersebut menjadikannya negara ke-tiga setelah Amerika Serikat dan India dalam jumlah pengguna Twitter, berdasarkan data dari penyedia data Statista.

Kemauan pembuat kebijakan Indonesia untuk melibatkan pengguna Internet sangat berbeda dengan daftar transkrip pidato dan pembaruan neraca agak membosankan yang memenuhi feeds dari akun resmi Banco de Mexico dan Federal Reserve.

Tidak hanya konten untuk "mengajak" melalui Twitter, sebuah posting yang diterbitkan dengan tagar SobatRupiah, atau FriendsofRupiah, mengundang pengikutnya untuk juga mampir ke kantor bank.


Sumber: Bloomberg

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini