Pulau Pramuka Wisata Kepulauan Seribu

Pulau Pramuka Wisata Kepulauan Seribu

Pulau Pramuka © Kepulauan Seribu

Pulau Pramuka adalah Pusat Administrasi dan Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Seribu. Selain sebagai pusat pemerintahan, Pulau Pramuka juga menawarkan keindahan alam yang menjadi salah satu andalan pariwisata Kabupaten Kepulauan Seribu. Pulau Pramuka juga merupakan tempat penangkaran penyu sisik yang merupakan hewan langka yang dilindungi. Anda harus menyempatkan diri untuk mengunjungi tempat penangkaran penyu sisik yang dikembang biakan dan dirawat secara alami.

Terdapat banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan di Pulau Pramuka. Anda bisa menikmati keindahan bawah laut dengan cara menyewa peralatan snorkeling. Di sekitar Pulau Pramuka terdapat beberapa titik menyelam dan snorkeling yang menarik di perairan Pulau Seribu ini. Salah satunya adalah spot APL dimana Anda dapat menikmati indahnya beragam jenis ikan hias dan terumbu karang. Selain itu, terdapat juga Spot Karang Sempit dimana Anda dapat menjumpai terumbu karang dengan ukuran besar.

Snorkeling Pulau Pramuka Wisata Pulau Seribu

Menurut Cerita tokoh masyarakat asli kelahiran pulau panggang mengatakan bahwa Pulau Pramuka bernama Pulau Elang, dahulu hingga tahun 1980 an masih dapat ditemukan Elang Bondol yang sekarang kita kenal sebagai Lambang Dki Jakarta. Elang-elang itu hilang seiring pembersihan pulau untuk dijadikan Perkampungan. Sejarah sebelum ada Bumi Perkemahan di Ragunan Dan Cibubur di jakarta, Pihak dari Kepramukaan mengirim anggotanya untuk berlatih di pulau pramuka ini, maka dapat disimpulkan nama pramuka di ambil karena dahulu sebelum banyak penduduk pulau ini sering digunakan sebagai tempat pelatihan Pramuka. Cukup banyak wisatawan yang menjadikan pulau pramuka dengan luas kurang lebih 9 hektar ini sebagai salah satu tujuan wisata, terutama wisatawan yang berasal dari sekitar Jakarta dan dari mancanegara.

Wisatawan dapat memancing di bagian depan pulau, di sekitar dermaga, dan juga dapat menyewa kapal nelayan untuk memancing di wilayah sekitaran Pulau Pramuka yang banyak ikan-ikan berkumpul di sekitaran laut pulau pramuka. Wisatawan dapat mengelilingi pulau pramuka dengan bersepeda, butuh 1 jam untuk mengitari wilayah pulau pramuka dengan bersepeda. Pulau Pramuka juga menyediakan souvenir dan camilan khas yang bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh. Anda bisa membeli oleh-oleh berupa keripik sukun dan bandeng tanpa duri atau cinderamata berupa baju dan berbagai kerajinan.

Pulau Pramuka Wisata Pula Seribu Jakarta

Untuk mengunjungi Pulau Pramuka, kita memiliki dua pilihan. Kalau punya uang cukup besar, bolehlah kita memilih berangkat dari Ancol, menggunakan speed boat, dan akan tiba di Pulau Pramuka dalam satu jam atau bahkan setengah jam kalau laut sedang sangat tenang. Tetapi kalau dan kita terbatas, berangkatlah dari Pelabuhan Muara Angke. Pelabuhan itu agak tidak nyaman dan berbau tak sedap, tetapi dari sinilah kita bisa berangkat dengan murah meriah. kita bisa mengunjungi Pulau Pramuka dengan kapal kayu bermesin diesel. Perjalanan akan ditempuh sekitar dua jam bisa lebih.

Setelah tiba di Pulau Pramuka, kalian tinggal pilih akan menginap di mana. Banyak penginapan Villa yang tersedia di pulau ini. Bisa juga kita menginap di rumah penduduk jika tidak kebagian penginapan. Angin laut segar, pemandangan pantai dengan air yang jernih, ditambah kolam besar berisi ikan-ikan hias laut, akan menyambut kita saat tiba di pulau pramuka.

Cottage Villa Delima Pulau Pramuka


Sumber: Pulau Pramuka

Pilih BanggaBangga75%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi25%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Wisatawan Thailand Sukses Terpikat Wonderful Indonesia! Sebelummnya

Wisatawan Thailand Sukses Terpikat Wonderful Indonesia!

Bandara Kulon Progo Kini Sudah Miliki Layanan Bus Untuk Dari dan Ke Selanjutnya

Bandara Kulon Progo Kini Sudah Miliki Layanan Bus Untuk Dari dan Ke

0 Komentar

Beri Komentar