Tiga Mahasiswa UI Ini Ciptakan Terobosan Baru Aspal

Tiga Mahasiswa UI Ini Ciptakan Terobosan Baru Aspal

Universitas Indonesia © Sumber: Wikiwand

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Tiga Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia atau FTUI jurusan Teknik Metalurgi dan Material berhasil menciptakan aspal yang murah dan berkualitas dengan menggunakan limbah plastik.

Berdasarkan penelitian yang telah mereka lakukan, modifikasi aspal yang mereka kreasikan memiliki ketahanan beban yang kuat serta tidak mudah retak. Keunggulan lainnya adalah biaya pembuatan yang ekonomis dan tidak kalah saing dari aspal dengan kualitas yang sama.

“Keunggulan lainnya adalah biaya pembuatan yang ekonomis dan tidak kalah saing dari aspal dengan kualitas yang sama," ujar Kepala Humas dan KIP Universitas Indonesia Rifelly Dewi Astuti melalui siaran pers, Selasa, 28 Juli 2018.

Ketiga mahasiswa tersebut adalah Erlyna Armya Septimorien, Lamria Mora Dhea Friskila, dan Bunga Natasya. “Mereka di bawah bimbingan Dosen Teknik Metalurgi dan Material UI Mochamad Chalid,” ujar Rifelly.

Dr. Mochammad Chalid, S.Si,M.Sc,Eng (Sc), Erlyna S Morien, Lamria Mora Dhea Friskila (dari kiri ke kanan). (Megapolitan.antaranews.com/Foto: Humas UI).
Dr. Mochammad Chalid, S.Si,M.Sc,Eng (Sc), Erlyna S Morien, Lamria Mora Dhea Friskila (dari kiri ke kanan) | Foto: Humas UI

"Pemilihan bahan baku plastik karena limbah plastik kresek di Indonesia yang jumlahnya sangat besar," kata Ketua Tim, Erlyna di Kampus UI Depok, Selasa.

Seperti diketahui bahwa limbah kresek adalah limbah non-biodegradable yang tidak dapat terurai di alam dengan sendirinya.

“Di sisi lain, limbah kresek memiliki satu kelebihan, yaitu tahan terhadap air. Kami melihat ada potensi pemanfaatan limbah kresek, maka kami mencoba melakukan pencampuran limbah plastik dengan aspal," ungkap dia.

Penelitian, kata Erlyna, dilakukan sekitar empat bulan. Hasilnya berupa sifat aspal yang baik di mana sifat kepolaran yang dimiliki oleh aspal dan plastik ini berbeda, tetapi penambahan lignin termodifikasi dapat meningkatkan sifat aspal, baik dari segi mekanik maupun ketahanan terhadap air.


Sumber: Tempo | Suara Pembaca | Antara Megapolitan

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga74%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli3%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi13%
Pilih TerpukauTerpukau10%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Ajak Masyarakat Berangus Konten Negatif, Kemenkominfo Luncurkan Aplikasi Aduan Konten Sebelummnya

Ajak Masyarakat Berangus Konten Negatif, Kemenkominfo Luncurkan Aplikasi Aduan Konten

BRI Merek Bank Paling Bernilai di Indonesia Selanjutnya

BRI Merek Bank Paling Bernilai di Indonesia

Vita Ayu Anggraeni
@ayuvitaa

Vita Ayu Anggraeni

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.