Move for Water merupakan rangkaian kampanye #BERANIMIMPI melalui kegiatan olahraga, dengan konsep penggalangan dana untuk mendukung akses air bersih dengan pembangunan pipa bagi anak-anak dan masyarakat di Desa Hepang dan Desa Wolomotong, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT). Anak-anak di desa ini harus berjalan 3-4 kilometer setiap harinya sambil membawa jeriken untuk mengambil air. Kondisi ini disebabkan oleh keterbatasan akses dan ketersediaan air bersih di kedua desa tersebut.

Wahana Visi Indonesia (WVI), yayasan kemanusiaan yang berfokus pada anak, melalui kegiatan Mover for Water mengajak masyarakat khususnya anak muda untuk berolahraga bersama menggunakan jeriken sebagai bentuk solidaritas agar turut merasakan beban anak-anak Sikka yang harus membawa dua jeriken air setiap hari dengan jarak yang cukup jauh. 

"Melalui kegiatan olahraga Move for Water, kami ingin mengajak masyarakat untuk ikut memiliki pengalaman nyata tentang beratnya beban yang dirasakan oleh anak-anak di Sikka saat membawa jeriken. Harapan setelah mengikuti kegiatan ini, kita dapat bergerak bersama untuk mewujudkan mimpi anak-anak Sikka mendapatkan akses air bersih," ujar Priscilla Christin, Direktur Komunikasi WVI. 

Priscilla turut memberikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Bintaro Jaya Xchange Mall dan para instruktur olahraga yang telah mendukung kegiatan Move for Water.

"Kegiatan Move for Water merupakan kegiatan yang positif. Untuk itu kami turut senang dapat mendukung kegiatan ini. Kami berharap dukungan kami dapat berkontribusi bagi pembangunan pipa untuk akses air bersih di Sikka. Dengan demikian, anak-anak tidak lagi kesulitan untuk mengakses air bersih," ujar Noni Dewantini selaku Manajer Event dan Promosi Bintaro Jaya Xchange Mall. 

Bintaro Jaya Xchange Mall melalui program CSR (Corporate Social Responsibility) mendukung kegiatan Move for Water dengan memberikan tempat untuk pelaksanaan kegiatan.

Dukungan juga diberikan oleh para instruktur olahraga yang terlibat aktif di kegiatan ini. Anjasmara (yoga), Inda Pangemanan (high intensive internal training (HIIT) Pilates)  Nadya Putriani (zumba), Saraswita (functional beatcamp) dan Zumvibes (zumba dan salsation) merupakan para instruktur olahraga yang turut terlibat dan beraktivitas bersama.

"Tertarik banget jadi instruktur olahraga untuk kegiatan fundraising Move for Water ini. Olahraga biasa aja uda lelah, apalagi harus olahraga sambil bawa jeriken. Semoga pesan melalui real experience ini bisa sampai dengan baik ke masyarakat dan kita bisa bergerak bersama untuk anak-anak di Sikka," kata Anjasmara.

Setiap biaya registrasi kegiatan Move for Water yang merupakan bagian dari kampanye #BERANIMIMPI akan sepenuhnya digunakan bagi pembangunan pipa untuk akses air bersih di Sikka, NTT. Masyarakat dapat turut terlibat dalam kampanye #BERANIMIMPI yang mengombinasikan konsep urun dana (crowdfunding) dan voluntourism (volunteering dan tourism) dengan mengakses portal beranimimpi.id . Periode pengumpulan dana akan berlangsung hingga 10 Oktober 2018. Tiga orang yang berhasil mengumpulkan dana terbanyak akan berangkat ke Sikka untuk mengikuti kegiatan voluntourism pada Oktober 2018 sekaligus turut memperingati Hari Sumpah Pemuda. 

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu