Indonesia memiliki banyak jenis mangga. Bahkan tidak sedikit diantaranya yang merupakan tumbuhan endemik Indonesia. Salah satunya adalah mangga lalijiwa Si Manis Endemik Jawa. Lalijiwa atau lalijiwo, merupakan salah satu spesies mangga endemik Jawa. Nama latin tumbuhan ini adalah Mangifera lalijiwa. Dalam bahasa Inggris mangga lalijiwa disebut sebagai ‘laleejewo‘. Nama lalijiwa sendiri berasal dari kata ‘lali’ yang mempunyai arti ‘lupa’ dan jiwo atau jiwa. Konon rasa masis dan lezatnya bakal membuat siapapun yang memakannya akan lupa diri.

Pohon mangga lalijiwa layaknya pohon mangga pada umumnya. Tinggi pohon sekitar 8 meter dengan tajuk pohon mencapai diameter 9 meter. Daun berwarna hijau tua berbentuk lonjong dengan ujung dan pangkal daun meruncing. Panjang daun berkisar 20 cm. Bunga berbentuk malai sepanjang 24 cm dan berwarna kekuningan. Buah mangga kasturi berbentuk bulat agak lonjong. Panjang buah sekitar 7 cm dengan berat 200 gram.

Warna kulit buah saat masak hijau tua dengan bintik-bintik kelenjar putih kehijauan yang jadi kehitaman saat tua. Daging buah berwana kuning tua bila masak. Air buah tidak terlalu banyak. Aroma buah tidak terlalu harum. Namun rasa buahnya justru sangat manis. Bahkan saat masih muda sekalipun, rasa daging buah tidak terlalu masam. Pohon mangga lalijiwa merupakan tumbuhan endemik Jawa. Tumbuhan ini hidup di beberapa wilayah di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

Daerah-daerah yang terkenal memiliki banyak pohon mangga jenis ini adalah wilayah sekitar Semarang hingga Yogyakarta, daerah Probolinggo (Jawa Timur), dan Indramayu (Jawa Barat). Sayangnya pohon mangga lalijiwa ditengarai mulai langka di habitat alaminya. IUCN (International Union for Conservation of Nature and Natural Resources) memasukkannya dalam Daftar Merah (Red List). Status yang diberikannya adalah Data Deficient. Nah jika memang ingin lupa daratan, tidak ada salahnya mencoba memakan Si Manis Endemik Jawa ini.

Klasifikasi Ilmiah. Kerajaan: Plantae. Filum: Tracheophyta. Kelas: Magnoliopsida. Ordo: Sapindales. Famili: Anacardiaceae. Genus: Mangifera. Spesies: Mangifera lalijiwa (Kosterm)

Sumber: Alamendah.org | IUCN RED LIST

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu