Menang Satu Laga Lagi, Timnas U-16 Indonesia Akan Lolos ke Piala Dunia


Menang Satu Laga Lagi, Timnas U-16 Indonesia Akan Lolos ke Piala Dunia

info gambar utama

Timnas U-16 Indonesia tinggal berjarak satu laga lagi untuk meraih tiket lolos ke Piala Dunia U-17 2019. Namun, Pelatih Fakhri Husaini tak mau para pemainnya berpikir dulu ke arah sana.

Timnas U-16 Indonesia lolos sebagai pemuncak klasemen Grup C Piala Asia U-16 2018 seusai bermain imbang tanpa gol melawan India di Stadion Bukit Jalil, Kamis (27/9/2018).

Lolos ke perempat final menjadi prestasi terbaik Indonesia sejak 1990. Jika berhasil memenangi laga perempat final, Garuda Asia - julukan Timnas U-16 - akan memastikan tiket lolos ke Piala Dunia U-17 2019.

Para pemain Timnas U-16 Indonesia melakukan doa bersama jelang laga pamungkas Grup C Piala Asia U-16 2018 versus India di Stadion Bukit Jalil, 27 September 2018. 
Foto: AFC/Adam Aidil
info gambar

Untuk diketahui, Piala Asia U-16 adalah ajang kualifikasi Piala Dunia U-17 yang berlangsung satu tahun setelahnya. Empat tim terbaik alias semifinalis akan otomatis menjadi wakil Asia di Piala Dunia.

Sejak Piala Dunia U-17 digelar pertama kali pada 1985 - tiga penyelenggaraan pertama masih berformat U-16, Thailand menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara yang melangkah ke putaran final.

Thailand dua kali lolos pada 1997 dan 1999. Namun, mereka langsung tersisih di fase grup. Timnas U-16 Indonesia punya kesempatan melangkah untuk mengikuti jejak Thailand itu, lolos ke Piala Dunia U-17. Namun, Pelatih Timnas U-16 Indonesia, Fakhri Husaini, belum mau berpikir terlalu jauh.

Timnas U-16 Indonesia vs India di Piala AFC U-16 2018. Foto: Twitter/@afcdotcom
info gambar

"Kepastian lolos dari fase grup ini barulah awal. Kami masih punya 90 menit pertandingan lagi untuk dilalui," kata Fakhri Husaini seperti dikutip dari situs web Federasi Sepak Bola Asia (AFC), seusai laga versus India.

Fakhri Husaini mengatakan hal tersebut karena Timnas U-16 Indonesia masih harus melakoni satu laga lagi untuk bisa lolos ke semifinal. Selain itu, lawan Bagus Kahfi dkk di perempat final lebih kuat dibandingkan tiga lawan di Grup C.

Sebagai juara grup, Indonesia akan berhadapan dengan peringkat kedua Grup D. Korea Selatan, Australia, dan Irak adalah para calon lawan Garuda Asia di perempat final.

Timnas Indonesia U-16 jelang hadapi Iran. Foto: PSSI
info gambar

Tiga calon lawan Indonesia itu punya pengalaman tampil pada putaran final Piala Dunia U-17. Australia mencatat prestasi terbaik, pernah melangkah ke partai final pada 1999.

Sementara itu, Korea Selatan pernah melangkah ke perempat final pada 1987, saat masih berformat Piala Dunia U-16. Adapun Irak, melangkah ke babak 16 besar pada Piala Dunia U-17 2017.

Partai penentuan Grup D akan dilangsungkan pada Jumat (28/9/2018). Korea Selatan akan berhadapan dengan Irak, sedangkan Australia menghadapi Afghanistan.

Sumber: Kompas.com

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini