Mahasiswa KKM UNDAR Jombang Merintis Taman Baca Masyarakat di Dusun Terpencil

Mahasiswa KKM UNDAR Jombang Merintis Taman Baca Masyarakat di Dusun Terpencil
info gambar utama

TBMatau Taman Baca Masyarakat adalah suatu tempat yang sengaja dibuat oleh lembaga ataupun perorangan dengan salah satu tujuannya adalah sebagai sarana pembelajaran bagi masyarakat. Sama halnya dengan TBM yang dibentuk oleh mahasiswa KKM Tematik UNDAR yang berlokasi di Dsn. Dampak, Ds. Panglungan, Kec. Wonosalam. Tempat yang digunakan oleh mahasiswa KKM UNDAR adalah di sebuah TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur'an) Al-Hidayah Dsn. Dampak. Lokasi tersebut dipilih karena dianggap sangat strategis sebagai tempat pembelajaran terutama untuk anak-anak yang diharapkan kelak anak-anak tersebut dapat menjadi kader penerus bagi keberlanjutan sarana pembelajaran.

Pada tanggal 14 September 2018 kemarin, TBM Al-Hidayah Dsn. Dampak resmi didirikan oleh peserta KKM untuk masyarakat Desa Panglungan. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan kegiatan serah terima TBM dari Bapak Ichsanul Mokhtar Selaku DPL yang mewakili mahasiswa KKM kepada Takmir Masjid Al-Hidayah yang mewakili masyarakat Desa Panglungan. Dalam hal ini terdapat beberapa buku bacaan yang menjadi simbolis kegiatan serah terima TBM tersebut.

"Kegiatan KKM ini adalah sarana bagi mahasiswa dalam mengabdi pada masyarakat, yang kami harapkan dari kegiatan ini adalah adanya keberlanjutan program yang nantinya dapat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat. Sehingga kami mendirikan TBM ini untuk masyarakat Desa Panglungan dengan beberapa tujuan salah satunya mempermudah masyarakat untuk menambah wawasan karena di Desa ini sangat minim fasilitas serupa" ungkap Viky Rizky Agustin selaku anggota Divisi Pendidikan dan Kepemudaan.

Dalam suatu kesempatan kami sempat mewawancarai masyarakat mengenai TBM, menurut penuturan warga, mereka sangat senang dan berterimakasih kepada mahasiswa KKM UNDAR karena telah berupaya dalam mewujudkan TBM sebagai fasilitas bagi masyarakat. Selain itu, TBM yang didirikan oleh mahasiswa KKM ini adalah TBM pertama yang ada di Desa Panglungan.


Sumber: KKM UNDAR Panglungan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini