8 Game Android Terpopuler dan Viral di Tanah Air

8 Game Android Terpopuler dan Viral di Tanah Air
info gambar utama

Semenjak sistem operasi Android muncul di Indonesia, terjadi perubahan gaya hidup di masyarakat. HP-HP yang dulu hanya berfungsi untuk mengirim pesan dan menelepon seseorang, kini mulai berubah fungsi. HP sekarang menjadi sebuah benda wajib yang bisa menghubungkan manusia melakukan apapun mulai memenuhi kebutuhan utama harian hingga sebuah penghiburan lewat game.

Bukan cuma anak kecil atau kelompok usia muda, orang-orang dewasa dan berusia matang pun kerap menghabiskan banyak waktu dengan HP Android untuk bermain game.

Dari berbagai game yang tersedia di Play Store, berikut ini beberapa ulasannya yang paling populer dan sangat viral di Indonesia. Saking populernya, jumlah pengunduh sampai menyentuh angka jutaan orang. Apa saja? Intip berikut ini!

Mengenal 8 Game Android Paling Hits di Tanah Air

Mobile Legends: Bang Bang

Bisa dibilang kalau Mobile Legends (ML): Bang Bang ini adalah salah satu game Android paling hits di Indonesia saat ini. Bergenre MOBA, total pengunduh game keluaran Montoon ini sudah menyentuh lebih 100 juta orang. Bahkan di Indonesia, penggemar ML tidak cuma didominasi kalangan dewasa saja, karena kelompok usia remaja hingga anak-anak SD begitu gandrung bermain ML.

Salah satu daya tarik utama ML adalah memiliki karakter alias hero yang begitu banyak. Montoon pun paham betul atas tingginya antusiasme sehingga mereka kerap menyajikan event-event menarik agar para pemain nyaman dan betah. Kendati Vainglory adalah pelopor game MOBA dengan sistem pertandingan 3v3, ML justru membuat genre MOBA melejit di kalangan pengguna Android dengan sistem 5v5.

Saat ini melihat orang-orang berdiam diri dan asyik dengan HPnya sambil bermain ML bukanlah hal aneh. Bahkan game ML ini juga rupanya menjadi favorit salah satu atlet badminton terbaik di dunia asal Indonesia, Kevin Sanjaya.

PUBG Mobile

Bagi Anda penggemar game PC, tentu tidak asing dengan Battleroyale. Di kalangan gamers, Battleroyale termasuk salah satu game legendaris yang pernah ada. Berangkat dari kesuksesan itu, Tencent pun mengeluarkan PUBG Mobile yang juga meraup kesuksesan seperti Battleroyale. Hanya saja karena diakses dan dimainkan oleh pengguna Android, spesifikasi PUBG Mobile tak setajam Battleroyale.

Namun bagi game Android, kualitas PUBG Mobile sudah sangat memuaskan sehingga membuat banyak orang tertarik. Berbeda dengan Battleroyale yang cuma bisa diakses dengan berbayar di Steam, Tencent menggratiskan PUBG Mobile. Hal ini yang akhirnya membuat PUBG Mobile digandrungi di kalangan pengguna Android terlepas dari apapun jenis kelamin atau usia Anda, baik laki-laki maupun perempuan.

Arena of Valor (AOV)

Sukses besar yang diraih Montoon dengan Mobile Legends sedikit banyak mempengaruhi tren pengembang game Android. Mereka pun saling berlomba-lomba menyajikan game bergenre MOBA untuk para pengguna. Salah satu yang ingin menjadi pesaing berat Montoon adalah Garena. Mereka dengan cukup percaya diri mengenalkan Arena of Valor (AOV).

Karena bergenre MOBA, cara bermain AOV jelas tak berbeda jauh dengan Mobile Legends. Bahkan kalau boleh dibandingkan, tampilan grafis AOV jauh lebih halus dan realistis dibandingkan ML. Supaya bisa menarik perhatian gamers Android, Garena dengan cukup rutin memberikan update hero. Bahkan demi ‘membajak’ pecandu ML, Garena sampai bekerja sama dengan pihak promosi film WIRO SABLENG.

Agar AOV makin dikenal pengguna di Indonesia, Garena mengenalkan hero Wiro Sableng yang memiliki ikatan lokal kuat di Tanah Air. Meskipun sudah cukup terkenal dan kerap menggelar event kompetisi tingkat nasional, pengunduh AOV memang masih tertinggal dibandingkan Mobile Legends yang begitu menggila itu.

Free Fire

Garena sepertinya ingin menguasai betul pangsa pasar game Android di Indonesia. Mereka mulai melihat apa yang dikeluarkan para pesaing dan mempelajari sembari kemudian mengenalkan game serupa. Setelah AOV mencoba mengekor kesuksesan Montoon dengan Mobile Legends, Garena pun mengikuti langkah Tencent dengan PUBG Mobile lewat Free Fire.

Karena merupakan genre Battleroyale, cara permainan Free Fire mirip dengan PUBG Mobile. Jika boleh dibandingkan, Free Fire jauh lebih ‘ramah’ untuk para pengguna HP dengan spesifikasi RAM yang minimalis. Karena memang Garena menghadirkan grafis Free Fire lebih sederhana sehingga tidak seberat PUBG Mobile. Untuk itu bagi Anda pemilik HP ala kadarnya tapi ingin bermain Battleroyale, Free Fire adalah jawabannya.

Rules of Survival

Popularitas PUBG Mobile dan Free Fire rupanya menarik hati NetEase. Menyadari kalau penggemar genre Battleroyale di kalangan pengguna HP Android sangat tinggi, mereka pun melahirkan Rules of Survival (ROS). Karena sama-sama bergenre Battleroyale, bisa dibilang kalau cara bermain ROS tak berbeda jauh dengan PUBG Mobile.

NetEase sendiri tampaknya ingin head-to-head dengan Free Fire melalui ROS ini karena memang sama-sama dikembangkan dengan tampilan ramah. Namun yang terjadi, ROS justru kabarnya mendapat kecaman dari Tencent. Tencent mengajukan tuntutan kepada NetEase karena ROS dinilai melakukan plagiat dari segi grafis sampai beberapa item dalam permainan yang serupa dengan PUBG Mobile.

Pokemon Go

Mengusung genre petualangan dan fitur Augmented Reality (AR), Pokemon Go bisa dibilang sebagai game paling inovatif yang pernah ada di peradaban manusia. Dikembangkan oleh Niantic, Pokemon Go membuat pemain bisa mencari Pokemon di sekeliling mereka. Karena itulah Pokemon Go sangat viral dan begitu populer di Indonesia kala diluncurkan pertama kali tahun 2016 silam.

Saat itu hampir semua orang baik yang menyukai game Android atau kalangan umum, begitu tergila-gila mengumpulkan Pokemon. Apa yang disuguhkan Niantic ini benar-benar merupakan jawaban para gamer yang ingin merasakan keseruan bermain game tapi masih terhubung ke dunia nyata dan benar-benar tampak realistis.

Lineage 2 Revolution

Bagaimana caranya bisa bertahan di tengah persaingan game-game Android? Ciptakan inovasi dan sistem permainan yang lebih liar supaya gamer tertarik dan tidak bosan. Hal itulah yang tampaknya dipegang betul oleh Netmarble. Di tengah persaingan Mobile Legends dan AOV, Netmarble begitu percaya diri menyuguhkan Lineage 2 Revolution yang memiliki daya tarik tak biasa.

Bahkan saat baru-baru dirilis, Lineage langsung menuai decak kagum dan bikin heboh karena sistem permainan Player vs Player secara realtime. Karena sistem ini, Anda bisa melawan musuh secara langsung. Tak main-main, dalam satu room, bisa terdapat 100 orang player di mana 50 orang bakal melawan 50 orang. Lineage pun langsung dijuluki sebagai game tawuran online.

Clash of Clans

Jauh sebelum era game MOBA lewat Mobile Legends dan AOV mendominasi, penggemar game Android di Indonesia begitu digandrungi oleh Clash of Clans (COC). Game keluaran Supercell ini menyajikan permainan adu strategi untuk melawan para musuh. Lebih dari 100 juta kali pengunduh membuktikan kalau COC memang pernah begitu berkuasa sebelum genre MOBA menyerang.

Bagaimana dengan delapan game Android yang sudah diulas? Ternyata memang keren-keren bukan? Karena sangat viral, Anda tentu pernah bermain salah satu di antaranya. Lalu, mana favorit Anda?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini