Studi Kelaikan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Segera Selesai. Kapan Mulai Dibangun?

Studi Kelaikan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Segera Selesai. Kapan Mulai Dibangun?
info gambar utama

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut studi kelaikan proyek kereta semi cepat Jakarta-Surabaya bakal rampung November mendatang. Proyek ini sebelumnya diharapkan dapat mulai dibangun tahun depan.

"KA Jakarta-Surabaya sekarang studi kelaikannya sedang oleh JICA (Japan International Cooperation Agency), rencananya November mereka akan memberikan kepada kami," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ..

Menurut Budi, ada tiga hal yang menjadi fokus studi kelaikan tersebut. Pertama, harga tiket harus ekonomis. Kedua, porsi tingkat komponen dalam negeri (TKDN) yang besar. Ketiga, porsi kontraktor yang seimbang antara domestik dan asing.

"Kami pikirkan mana yang lebih ekonomis, teknologi apa yang dipakai. Porsi TKDN dan kontraktor yang digunakan," jelas dia.

Budi sebelumnya memperkirakan nilai proyek ini mencapai sekitar Rp60 triliun, termasuk Rp20 triliun untuk 800 lintas sebidang kereta api Jakarta-Surabaya. Proyek ini diharapkan dapat mulai dibangun tahun depan.

Bagian dari proyek tersebut, yakni rute Jakarta-Semarang diperkirakan bisa dikerjakan dalam dua tahun, termasuk elektrifikasi di jalur rel ganda yang sudah ada. Kemudian dilanjutkan Semarang-Surabaya dua tahun berikutnya.

KA semi cepat Jakarta-Surabaya rencananya akan ditempuh dalam waktu lima jam dengan kecepatan minimal 140 km/jam.

Sumber : Antaranews.com | CNN Indonesia | Kompas.com

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini