5 Stadion di Indonesia yang Bergaya ala Stadion Eropa

5 Stadion di Indonesia yang Bergaya ala Stadion Eropa

Stadion GBK © Aditia Noviansyah/Kumparan

Infrastruktur olahraga Indonesia terus dibenahi, salah satunya stadion sepak bola. Sebagai arena pertandingan yang menampung puluhan hingga ratusan orang, stadion tentu memiliki bentuk yang bermacam-macam, tergantung lokasi dan klub yang memakainya.

Dulu, stadion-stadion di Indonesia punya ciri khas yang sama. Ada trek lari yang mengelilingi lapangan, dengan pagar pembatas yang terdapat di tribun penonton. Namun kini, tren tersebut mulai bergeser. Indonesia mulai meniru stadion-stadion internasional bergaya Eropa.

Stadion apa saja yang tampak seperti stadion klub-klub Eropa? Inilah daftarnya!

Stadion Utama Gelora Bung Karno

Yang pertama tentu stadion kebanggaan rakyat Indonesia. Termegah dan terbesar seantero negeri, berdiri kokoh di ibukota negara, dialah Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)!

Berkapasitas sekitar 76.000 penonton, SUGBK adalah stadion pertama di Indonesia yang seluruhnya memakai single-seat. Renovasi tersebut dilakukan menjelang Asian Games 2018, dan sekarang tengah bersiap menjadi kandang timnas Indonesia di Piala AFF 2018.

Stadion Batakan | FOX Sports
Stadion Batakan | FOX Sports

Stadion Batakan

Kandang Persiba Balikpapan ini adalah stadion pertama di Indonesia yang tidak memakai trek lari dan tanpa pagar pembatas. Suasana khas stadion Liga Inggris sangat terasa di Stadion Batakan, karena jarak antara tribun dengan lapangan sangat dekat.

Stadion Batakan mulai dibuka pertengahan tahun lalu, ketika Go-Jek Traveloka Liga 1 2017 memasuki putaran kedua. Dibangunnya Stadion Batakan ini juga menambah koleksi stadion mewah di Kalimantan, setelah Stadion Palaran di Samarinda, dan Stadion Aji Imbut di Tenggarong.

Stadion Dipta | Bali Football
Stadion Dipta | Bali Football

Stadion Kapten I Wayan Dipta

Suasana ala Liga Inggris juga bisa kalian jumpai di markas Bali United ini. Hebatnya Stadion Dipta, ia memiliki fasilitas penunjang kelas satu di sekitarnya. Mulai dari kafe, toko merchandise resmi, sampai arena bermain anak.

Saat kalian berkunjung ke Stadion Dipta yang terletak di Kota Gianyar ini, tampak penataan yang sangat mirip dengan Stadion Old Trafford milik Manchester United. Tidak mengherankan, karena Pieter Tanuri sang pemilik klub adalah pencinta berat The Red Devils.

Stadion Jakabaring | Soga Soegiarto
Stadion Jakabaring | Soga Soegiarto

Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring

Stadion Jakabaring, begitu ia biasa disingkat, juga menjadi stadion yang direnovasi untuk menggelar Asian Games 2018. Kualitas rumput diperbaiki, bangku penonton diganti single seat, dan dicat warna-warni.

Berlokasi di Palembang, stadion ini dalam kesehariannya dipakai oleh klub pemilik dua gelar Liga Indonesia, Sriwijaya FC. Stadion Jakabaring juga menjadi salah satu pusat kegiatan olahraga di Sumatera Selatan, bersama arena-arena lain di sekitarnya yang terkumpul di Jakabaring Sport City.

Stadion GBT | Spartacks Cyber
Stadion GBT | Spartacks Cyber

Stadion Gelora Bung Tomo

Berdiri megah di ibu kota Jawa Timur, Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) adalah salah satu yang terbesar di Indonesia. Dengan kapasitas mencapai 50.000 penonton, kandang Persebaya Surabaya ini tidak pernah sepi penonton jika Bajul Ijo bermain.

Ramainya GBT mirip dengan suasana di Camp Nou, stadion milik FC Barcelona. Dengan tribun tiga tingkat dan sebagian besar tanpa atap, keriuhan suara penonton tuan rumah bisa membuat nyali lawan ciut seketika.


Sumber: FOX Sports, Kumparan

Pilih BanggaBangga67%
Pilih SedihSedih4%
Pilih SenangSenang8%
Pilih Tak PeduliTak Peduli6%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi6%
Pilih TerpukauTerpukau8%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Tingkatkan Akuntabilitas, Jak Lingko Terapkan Sistem E-Payment Only Sebelummnya

Tingkatkan Akuntabilitas, Jak Lingko Terapkan Sistem E-Payment Only

Dikunjungi Menteri Pariwisata, Pulau Rupat Bakal Jadi Destinasi Wisata Unggul Selanjutnya

Dikunjungi Menteri Pariwisata, Pulau Rupat Bakal Jadi Destinasi Wisata Unggul

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.