Sutradara Indonesia, Mike Wiluan, sepertinya masih haus dalam menggarap karya yang menggabungkan unsur sejarah Nusantara dengan nuansa western. Setelah sukses menggarap 'Buffalo Boys', kini ia kembali dengan sebuah serial sejarah yang akan tayang di HBO berjudul'Grisse'.

Dilaporkan Kumparan, 'Grisse' sendiri terinspirasi dari sejarah Kota Gresik, Jawa Timur, yang jaraknya tak jauh dari Surabaya. Serial yang mengisahkan tentang pemberontakan yang dilakukan oleh sekelompok orang dan dipimpin seorang perempuan ini akan tayang dalam delapan episode, yang masing-masing berdurasi satu jam.

Cerita di dalam serial 'Grisse' ini akan berkisar pada sejumlah karakter unik, yang masing-masing memiliki latar belakang dan keyakinan berbeda. Mereka akan bersatu demi memperbaiki keadaan dan nasib mereka dari penjajahan.

Adegan dalam film Grisse. Foto: HBO Asia
Adegan dalam film Grisse. Foto: HBO Asia

Sebagian besar pemain dalam film ini merupakan aktor asal Indonesia. Mereka adalah Adinia Wirasti, Marthino Lio, Edward Akbar, Jamie Aditya, Zack Lee, Ully Triani, dan Alexandra Gottardo.

Adinia Wirasti yang menjadi bintang utama di serial ini, berperan sebagai Kalia, pemimpin pemberontakan yang tegas dan bijaksana. Sementara Marthino Lio memerankan tokoh Maran, seorang pejuang yang dikenal nekat. Ia dan Kalia bekerja sama untuk menggulingkan pemerintahan Belanda di Gresik.

Kendati demikian, Mike Wiluan juga mengajak serta sederet pemain dari negara lain untuk meramaikan serial 'Grisse' ini. Beberapa di antaranya adalah Michael Wahr (Australia), Toshiji Takeshima (Jepang), Joanne Kam (Malaysia), dan Hossan Leong (Singapura).

Adegan dalam film 'Grisse'. Foto: HBO Asia
Adegan dalam film 'Grisse'. Foto: HBO Asia

'Grisse' diproduksi sebagai bagian dari kerjasama dua setengah tahun dengan Infocomm Media Development Authority (IMDA). Melalui sejumlah pelatihan dan kolaborasi dengan perusahaan dan talenta lokal dalam memproduksi HBO Asia Original, kerjasama ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan produksi konten dari industri media Singapura.

Serial 'Grisse' akan tayang perdana secara ekslusif di HBO pada 4 November pukul 20.00 WIB. Episode baru selanjutnya tayang pada jam yang sama setiap Minggu. Serial ini juga dapat diakses streaming di HBO GO dan akan tersedia pula di HBO On Demand.

Dilansir The Nation, Grisse juga akan tayang di Spanyol (HBO Espana), Swedia, Norwegia, Finlandia, Denmark (HBO Nordic), Hungaria, Republik Ceko, Polandia, Romania, Kroasia (HBO Europe), dan Amerika Serikat (HBO AS).

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu