Atlet Catur 10 Tahun Raih Juara Dunia di Spanyol

Atlet Catur 10 Tahun Raih Juara Dunia di Spanyol
info gambar utama

Kabar baik kini datang dari atlet catur muda Indonesia bernama Samantha Edithso, ia berhasil menjadi juara dunia setelah menempati puncak klasemen kategori Putri U-10 kejuaraan catur kadet dunia 2018 di Santiago de Compostela, Spanyol.

Sumber : Instagram @nahrawi_imam
info gambar

Samantha yang saat ini berumur 10 tahun tersebur mengalahkan pecatur Rusia Alexandra Shvedova, pada Kamis 15 November 2018. Ia butuh waktu 5 jam untuk mengalahkan Alexandra yang sebelumnya menjadi juara dunia catur klasik G10.

Melalui Instagram pribadi @Nahrawi_imam, Menteri Pemuda dan Olahraga tersebut menyampaikan ucapan selamat kepada catur yang berusia 10 tahun itu dan berpesan agar tidak terlena serta terus belajar.

“Puji Tuhan, ini keajaiban. Samantha sebelumnya sudah dua kali kalah, namun kemudian bisa memutarbalikan keadaan dengan mengalahkan Sophie Velea dari Amerika Serikat dan Shvedova sehingga menjadi juara,” ujar Kristianus Liem, manajer tim Indonesia yang dikutip dari Tempo.co

Ini adalah juara dunia kedua yang mampu diraih oleh Samantha sepanjang tahun 2018. Sebelumnya Samantha memenangi Kejuaraan Dunia Catur Cepat G10 yang digelar di Minsk, Belarusia pada awal tahun ini.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini