Membanggakan, Atlet Senam Asal Indonesia Raih Prestasi Memukau Di Jerman

Membanggakan, Atlet Senam Asal Indonesia Raih Prestasi Memukau Di Jerman
info gambar utama

Atlet Indonesia kembali berhasil mengharumkan nama bangsa di pentas internasional. Prestasi membanggakan kali ini datang dari atlet senam ritmik Indonesia, Nabila Evandestiera.

Nabila berhasil meraih satu emas dan satu perak saat tampil di kejuaraan 4th Diadem Cup Rhythmic Gymnastics. Ajang tersebut berlangsung di Berlin, Jerman pada 24-25 November 2018.

Medali emas diraih Nabila pada kelas Senior kategori Ball Apparatus Rhythmic Gymnastics. Sementara medali perak diraihnya pada kelas Senior kategori Clubs Apparatus Rhythmic Gymnastics. Total, ada enam kategori yang dilombakan pada ajang tersebut.

Nabila berhasil mengalahkan lawan-lawannya dari Bulgaria, Latvia, Rusia, Jerman, Spanyol, Republik Ceko hingga Cyprus. Bahkan untuk Jerman sendiri, wakil beberapa negara bagian juga menjadi pesaing Nabila, antara lain dari Berlin, Brandenburg, Sachsen, Mecklenburg-Vorpommern, Niedersachsen, Bayern, Bremen dan Baden-Wurttemberg.

Masyarakat Indonesia yang hadir pun memberikan dukungan untuk Nabila di Hall 1 Olympiapark Berlin. Sorak-sorai mereka saat memberikan dukungan terbayar lunas dengan bentangan bendera Merah Putih di tiang tertinggi. Mereka merasa bangga dengan capaian prestasi yang dilakukan Nabila.

Prestasi Nabila terbilang sangat membanggakan. Pasalnya, dia merupakan satu-satunya atlet dari luar Eropa yang mengikuti kejuaraan ini. Terlebih, ajang tersebut merupakan olahraga asli Eropa yang mulai dikembangkan sejak abad ke-18.

Potret Nabila saat memenangkan perlombaan di ajang Asian Games 2018 | indovoices
info gambar

Eko Pudjihariyanto selaku Ketua Umum Persani DKI Jakarta yang mendampingi Nabila mengatakan bahwa kemenangan ini adalah hasil kerja keras bersama, terutama Nabila.

Menurut Eko, ajang tersebut bagi Nabila bukanlah hal mudah. Mengungguli para pesaing dari Eropa pada ajang olahraga ini merupakan prestasi luar biasa yang patut disyukuri. Eko juga merasa sangat bangga karena ternyata Nabila bisa memenangkannya.

Seperti yang dilansir di laman medcom.id, keberhasilan Nabila diapresiasi secara khusus oleh Duta Besar RI untuk Jerman, Arif Havas Oegroseno, saat menerima Nabila dan Tim di KBRI Berlin, Senin 26 November .

"Saya ikut bangga dan berterima kasih kepada Nabila. Nabila secara konkret telah menjadi bagian dari mesin diplomasi. Keberhasilan ini, membantu misi KBRI untuk lebih mengenalkan Indonesia sebagai bangsa berprestasi kepada masyarakat Eropa khususnya Jerman," ujar Havas.

Keberhasilan Nabila saat ini dianggap memberi harapan baru bahwa Indonesia bisa menjadi icon juara senam ritmik, meskipun cabang olah raga ini berasal dari Eropa.

Pesenam Ritmik Nabila Evandestiera di Ajang Sea Games 2017 | Tribunnews
info gambar

Nabila juga pernah memenangkan dua medali perunggu melalui nomor senam ritmik Hoop Apparatus dan Ball Apparatus pada SEA Games 2017 lalu.

Kini, melalui prestasinya, Nabila dan pesenam Indonesia lainnya telah diundang kembali oleh panitia penyelenggara 4th Diadem Cup Rhythmic Gymnastics untuk hadir pada kejuaraan senam ritmik Diadem Cup Rhythmic Gymnastics tahun depan di Belanda.

Sumber: medcom

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini